Mieke Wijaya Meninggal, Nia Zulkarnaen Ungkap Permintaan Terakhir Sampai Kondisi Jenazah Yang Tersenyum

Nia Zulkarnaen bongkar keinginan terakhir sang ibu, Mieke Wijaya yang meninggal dunia pada 3 Mei 2022.

Mieke Wijaya meninggal dunia di usia 82 tahun pada Selasa, 3 Mei 2022 pukul 19.30 WIB. Kepergiaan sang aktris senior tepat satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ini menyisakan duka mendalam baik untuk keluarga maupun kerabat serta penggemarnya.

Putri Mieke Wijaya yakni Vanya Zulkarnaen atau yang akrab disapa Nia Zulkarnaen mengungkapkan kalau sang ibu menghembuskan napas terakhir karena penyakit diabetes dan kanker yang dideritanya. Sebelumnya, Mieke bahkan menjalani perawatan selama satu bulan di RSPAD, Jakarta Pusat.

Foto: Mieke Wijaya - Nia Zulkarnaen (Berbagai Sumber)

Lebih lanjut, Nia Zulkarnaen mengatakan kalau permintaan terakhir sang ibu sudah dipenuhi yakni dia tidak ingin meninggal di ruang ICU dan ingin pulang ke rumah. Benar saja, tidak lama setelah diperbolehkan kembali ke kediamannya, kesehatan Mieke Wijaya semakin menurun dan akhirnya meninggal di rumah.

“Mamah enggak mau meninggal di ICU, seperti suaminya atau papa kami. Makanya dia meninggal di rumah,” ungkap Nia Zulkarnaen yang ditemui di rumah duka di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Mei 2022 seperti dikutip dari Wartakota.

“Sehari sebelum Lebaran, saat malam takbiran, kondisi mama drop. Tapi karena keingat pesan mama, enggak jadi dibawa ke rumah sakit. Kami temani di rumah saja sama mas Ari dan semuanya,” imbuhnya.

Meski begitu, istri Ari Sihasale itu mengaku bersyukur sempat merayakan Lebaran dengan sang ibu. Nia juga sempat mengungkapkan kalau Mieke Wijaya meninggal dalam keadaan yang tenang bahkan jenazahnya tersenyum.

Foto: Mieke Wijaya (Kapanlagi)

“Alhamdulillah kami masih bisa cium tangan mama, berlebaran. Hari ini tadi juga lepasnya, pulangnya, bagus sekali. Artinya tidak susah, tenang sekali dan tersenyum, Alhamdulillah. Insya Allah,” pungkas NiaZulkarnaen.

Sesuai permintaan mendiang suaminya, Dicky Zulkarnaen semasa hidup, jenazah Mieke Wijaya akan dimakamkan di satu liang lahat dengan sang suami di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pemakaman bakal dilaksanakan pada Rabu siang, 4 Mei 2022.