Inilah 7 Deretan Kota di Indonesia yang Punya Biaya Hidup Termurah, Kota Kelima Bisa Makan Nasi Seporsi Rp 5 Ribu

Inilah 7 Deretan Kota di Indonesia yang Punya Biaya Hidup Termurah, Kota Kelima Bisa Makan Nasi Seporsi Rp 5 Ribu

Ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah dikenal dengan biaya hidupnya yang murah. Tentunya, daerah ini menjadi opsi bagi masyarakat yang ingin menetap dan hidup berkecukupan.

Nah, berikut ini ada 7 deretan daftar kota di Indonesia tahun 2022 yang dikenal memiliki punya biaya hidup terjangkau.

# Purwokerto

Purwokerto menjadi kota yang punya biaya hidup termurah untuk tahun 2022. Kota yang berada di Jawa Tengah ini juga memiliki suasana yang asri. Para masyarakatnya saja masih bisa hidup dengan biaya Rp 7-15 ribu untuk satu kali makan di warteg.

Bila dihitung-hitung secara kasar, hidup sebulan di Purwokerto rasanya cukup menghabiskan biaya Rp 2 juta saja. Bahkan di beberapa pinggiran kotanya, kamu bisa hidup dengan biaya Rp 1 juta per bulannya.

# Sibolga

Ada juga Sibolga, kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Di kota ini, kamu bisa menikmati pemandangan indah dengan berbagai pantai serta pegunungan.

Gak cuma menawarkan panorama yang menawan, Sibolga juga punya biaya hidup yang rendah, yakni sekitar Rp 1-1,5 juta per bulannya. Ini semua sudah termasuk biaya makan, transportasi dan tempat tinggal lho.

# Yogyakarta

7 kota di Indonesia yang punya biaya hidup murah (inews.id)

Siapa yang gak tahu kalo Yogyakarta memang dicap sebagai kota yang punya biaya hidup murah? Yup, kota yang disukai para pelajar ini memang punya biaya hidup relatif rendah, yakni sekitar Rp 300 ribu per bulannya.

Gak cuma dari segi biaya tempat tinggal saja, di Yogyakarta kamu juga masih bisa lho makan kenyang dengan harga Rp 5 ribu.

# Metro

Metro adalah kota yang terletak di Provinsi Lampung. Walaupun termasuk sebagai kota yang cukup besar, biaya hidup di sana juga masih relatif murah.

Jika dihitung-hitung, kamu bisa bertahan hidup dengan biaya sekitar Rp 3 juta untuk makan, transportasi dan tempat tinggal.

# Solo

7 kota di Indonesia yang punya biaya hidup murah (inews.id)

Selanjutnya adalah Solo. seperti yang kita tahu, upah minimum di kota ini mencapai sekitar Rp 2 jutaan. Jadi gak heran kalo biaya hidup di sana juga sangat kecil, persis seperti Yogyakarta.

Itu sebabnya, banyak pelajar yang juga gemar berkunjung atau menetap di kota ini. Sebab, mereka bisa mengeluarkan uang Rp 5 ribu untuk mendapatkan satu porsi makanan di warung makan.

# Banyuwangi

Berikutnya Banyuwangi, kota yang punya destinasi wisata ciamik. Gak butuh banyak biaya, kamu bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp 3 juta saja untuk hidup di sana. Bahkan, biaya segini sudah bisa menampung 4 anggota keluarga, lho.

# Cirebon

Terakhir ialah Cirebon, kota kecil yang terletak di Jawa Barat. Untuk kebutuhan makanan pokok, tempat tinggal dan transportasinya sangatlah murah.

Kamu bisa mengalokasikan dana sekitar Rp 1,5-2 juta per bulannya jika masih tinggal sendiri. Jika sudah berkeluarga, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anggota keluargamu.

7 kota di Indonesia yang punya biaya hidup murah (inews.id)