Begini Cara Mengatasi Keputihan yang Benar

Sering jadi masalah, bagaimana cara mengatasi keputihan yang benar dan tidak membahayakan pada area vagina. Simak ulasannya!

Cairan vagina yang normal adalah yang tidak berbau, jernih atau sedikit keruh, dan tidak menimbulkan rasa gatal. Nah, adanya infeksi akibat jamur, virus, bakteri, atau alergi, membuat cairan menjadi berubah bau, warna, dan menyebabkan gatal, panas, hingga bengkak. Lalu, gimana sih cara mengatasi keputihan ? Simak di sini.

1. Mengganti Produk yang Digunakan di Area Vagina

Jika keputihan yang kamu alami disebabkan oleh reaksi alergi terhadap bahan kimia, gantilah produk-produk yang kamu gunakan di area vagina dan bisa memicunya. Misalnya, sabun, spray vagina, deterjen, dan pembalut.

Selain itu, pakaian dalam yang masih lembab juga memicu terjadinya keputihan. Jika belum kering sepenuhnya, sebaiknya jangan digunakan dulu. Atau jika tidak memungkinkan untuk bisa kering hingga beberapa hari sebaiknya dicuci ulang, karena kain yang basah dalam waktu lama dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

2. Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih

Cara Mengatasi Keputihan (via IDN Times)

Sirih adalah salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi keputihan. Sudah banyak juga produk pembersih vagina yang menggunakan ekstrak bahan ini. Bersifat antibakteri dan antijamur, kamu bisa merebus beberapa lembar daun sirih dalam 2 gelas air. Tunggulah sampai air berkurang setengahnya dan minum sampai habis. Lakukan setiap hari.

3. Jika Disebabkan oleh Infeksi Jamur, Konsumsi Yoghurt atau Suplemen yang Mengandung Lactobacillus

Cara Mengatasi Keputihan (via Tribun Style)

Cara berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk vagina. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat diatasi dengan makan yoghurt atau suplemen yang mengandung Lactobacillus atau kultur hidup dan aktif. 

4. Jika Disebabkan oleh Infeksi Bakteri, Gunakan Pembersih Kewanitaan yang Mengandung Povidone Iodine

Cara Mengatasi Keputihan (via JawaPos)

Studi menunjukkan bahwa pembersih kewanitaan yang mengandung povidone iodine secara supositoria atau dimasukkan ke dalam vagina efektif mengatasi keputihan karena meningkatkan bakteri baik di dalam vagina.

Itulah sederet cara mengatasi keputihan  yang bisa kamu lakukan. Yang penting, ketahui dulu penyebabnya. Jika infeksi tidak dapat teratasi dan semakin parah, segera periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Keputihan (via Tips Cantik by Amanda)