Pilih Sunscreen SPF 15, 30 atau 50? Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini Ya, Ladies!

Pilih Sunscreen SPF 15, 30 atau 50? Pertimbangkan Dulu 4 Hal Ini Ya, Ladies!

Menggunakan sunscreen itu penting untuk investasi kesehatan kulit jangka panjang. Sebut saja untuk mencegah garis-garis halus, pigmentasi hingga resiko kanker kulit.

Tapi, masih banyak para pengguna skincare yang bingung untuk menentukan SPF yang tepat dalam pemilihan produk sunscreen mereka. Di pasaran sendiri, ada beberapa pilihan SPF mulai dari 15, 30 hingga 50.

Menurut dr. Anjali Mahto, konsultan dematologis di Skin 55 dan penulis The Skincare Bibble, kita harus mempertimbangkan 4 hal berikut ini sebelum menentukan SPF pada sunscreen, yaitu: 

# Selalu Pilih Sunscreen Berspektrum Luas

Saat memilih sunscreen, pastikan produknya berlabel ‘spektrum luas’. Itu artinya sunscreen yang kamu pakai punya perlindungan untuk UVA dan UVB, dimana ini berhubungan dengan proteksi garis-garis halus, kerutan dan pigmentasi, sinar UVB yang bisa membuat kulit mudah terbakar. 

# Lihat Warna Kulitmu

Tips menentukan SPF pada sunscreen (pexels.com)

Setelah itu, tengoklah pada warna kulitmu. Menurut dr. Justine Kluk, dokter kulit yang berbasis di London, warna kulit juga berperan dalam menentukan SPF pada sunscreen.

Kalo kulitmu berwarna terang dan pucat, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Sebab jika di bawah itu, bisa-bisa sunscreen malah gak berfungsi sama sekali.

"Individu dengan kulit dan rambut putih, mata berwarna terang, bintik-bintik dan tahi lalat berada pada risiko tertinggi kerusakan kulit dan harus selalu menggunakan faktor minimal 30 atau 50," jelas dr. Kluk.

Sebaliknya, jika jenis kulitnya cenderung gelap dan jarang terbakar, seperti kulit Asia atau kulit hitam, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF di bawah 30 seperti 15.

# Pertimbangkan Gaya Hidup Kamu

Tips menentukan SPF pada sunscreen (pexels.com)

Gak cuma warna kulit, kamu juga mesti mempetimbangkan gaya hidupmu. Apakah kamu sering menghabiskan waktu di dalam ruangan atau sebaliknya. SPF sendiri merupakan perlindungan kulit terhadap sinar UVB. tapi, UVB sendiri juga bisa menembus kaca jendela.

Tetapi, jumlah sinar matahari juga bisa bervariasi saat menyentuh kulit, tergantung dari ketinggian dan waktunya. 

"Jika kamu berjalan kaki ke tempat kerja, olahraga luar ruangan, atau bekerja di luar, maka faktor gaya hidup perlu diperhitungkan, dan tabir surya harus dipakai setiap hari," jelas Dr Mahto. Namun, sudah menggunakan sunscreen pun bukan alasan untuk berlama-lama di bawah sinar matahari, ya, Beauties.

# Evaluasi Lagi Skincare Routine-mu

Terakhir, kamu harus tahu berapa SPF yang kamu pilih sesuai dari skincare routine-mu. Jika kamu sering menggunakan retinol atau eksfoliator kimia, setidaknya kamu harus gunakan sunscreen dengan SPF 30 setiap hari.

Tips menentukan SPF pada sunscreen (pexels.com)