9 Dunia di Mitologi Nordik, Dunia Para Raja Hingga Dunia Para Pencuri

9 Dunia di Mitologi Nordik, Dunia Para Raja Hingga Dunia Para Pencuri

Mitologi adalah cerita tentang dewa-dewa yang hidup di masa lalu, dan meskipun setelah jaman berkembang cerita mitologi ini tidak dilupakan begitu saja oleh masyarakat.

Begitu pula dengan mitologi nordik yang lahir dari rahim kepercayaan orang Skandinavia. Mitologi terkenal dengan ayah para dewa yakni Odin, serta putranya Thor yang bahkan diangkat kedalam layar lebar dan cerita superhero.

Dalam Mitologi Nordik sendiri terdapat 9 dunia yan gberbeda, lalu apa saja 9 dunia ini? dan apa saja yang menjadi batas dan pembeda? Yuk kita simak artikel berikut ini!

1. Asgard

Di langit yang tertinggi diceritakan terdapat Asgard atau rumah para dewa, kalo di mitologi yunani olympus, kalo di mitologi jawa? Puncak mahameru dong. Odin adalah penguasa Asgard. Odin menikahi Frigg dan menjadikan mereka berdua sebagai raja dan ratu di Asgard.

Di sana terdapat jembatan Bifrost, sebuah jembatan pelangi yang dapat mengubungkan Asgard dengan Midgard. Di Asgard juga terdapat singgasana Odin yang bernama Hildskjalf dimana Odin dapat melihat seluruh dunia dari singgasananya.

2. Niflheim

 

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Niflheim adalah tempat paling kelam diantara 9 dunia yang ada. Noflheim berada di wilayah utara Ginnungagap. Di sana juga terdapat sumur tertua yang bernama Hvergelmir yang dilindungi oleh naga besar bernama Nidhug.

Dalam sumur ini pula, menjadi tempat orang yang telah mati dihidupkan kembali, hmmm mungkin konsepnya seperti underworld yang dikuasai hades kali yaa.

3. Muspelheim

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Jika diujung utara kita menemui Niflheim, diujung selatan alam semesta terdapat dunai Muspelheim, yang merupakan kebalikan dari Nifleheim yang dingin dan gelap. Muspelheim adalah tempat panas dan penuh api dan juga lava.

Tempat ini menjadi rumah bagi surtr, musuh para dewa yang akan menghancurkan asgard dalam ramalan ragnarok.

4. Alfeim

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Alfeim adalah dunia yang dihuni oleh peri cahaya dan merupakan dunia yang paling dekat dengan Asgard, Dunia ini juga dikenal sebagai tempat paling indah dari 9 dunia.

5. Helheim

https://cdn.idntimes.com/content-images/

Helheim adalah tempat tersuram yang ada dalam mitologi Nordik. Tempat ini adalah tempat para pencuri, pembunuh dan orang-orang yang dianggap tidak terhormat menjalani kehidupan setelah kematian.

Tempat ini dipimpin oleh Hel. Siapa pun yang tiba di tempat ini tidak akan pernah merasakan sukacita maupun kebahagiaan lagi. Walaupun begitu, dalam peristiwa Ragnarok nanti Hel akan menggunakan semua orang mati ini untuk menyerang Asgard dan akan menjadi akhir dari dunia.

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/