Perlu Dicoba, 4 Gangguan Saat Datang Bulan Langsung Rontok dengan Ramuan Ini Lho!

Perlu Dicoba, 4 Gangguan Saat Datang Bulan Langsung Rontok dengan Ramuan Ini Lho!

Gangguan menstruasi seperti kram perut dan nyeri punggung memang sangat menyiksa. Namun dengan mengonsumsi ramuan ini, dijamin gangguan saat datang bulan bakalan sirna seketika. 

Gangguan saat datang bulan sangat umum terjadi dan hal tersebut muncul salah satunya dikarenakan adanya perubahan hormon. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba meminum ramuan tradisional berupa jamu kunyit asam. 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa campuran kunyit dan asam jawa terbukti membantu meredakan gangguan datang bulan karena mengandung sifat analgesik. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu cukup membersihkan kunyit dengan cara mencucinya menggunakan air mengalir, kemudian parut dan ambil sarinya dilanjut merebus sari tersebut dengan asam jawa. Selain itu, juga boleh menambahkan gula atau madu dan aduk sampai mendidih lalu sajikan.  

Manfaat yang disajikan campuran kunyit asam ini diklaim dapat mengatasi gangguan saat datang bulan diantaranya:

1. Mengurangi Darah Haid Berlebih

Kamu yang kerap mengalami pendarahan saat datang bulan bisa mencoba dengan rutin mengonsumsi ramuan ini. Pasalnya asam jawa mengandung sejumlah antioksidan yang mampu mengendalikan darah berlebih. 


2. Meredakan Kram Perut

Kram perut sepertinya sudah menjadi langganan saat seorang perempuan sedang datang bulan. Kunyit yang mengandung kurkumin dapat membantu meredakan kram perut karena berfungsi menenangkan kontraksi otot-otot rahim yang menegang saat menstruasi.

3. Mengatasi Nyeri Datang Bulan

Beberapa kandungan yang terdapat pada kunyit seperti minyak esensial, kurkumin, antosianin, dan tanin ketika dikonsumsi mampu menghambat hormon prostaglandin pemicu rasa sakit di tubuh. 

4 Gangguan Saat Datang Bulan (KlikDokter)

4. Membantu Pramenstruasi Sindrom  (PMS)

Sebagian wanita ada juga yang mengalami sindrom ini sebelum datang bulan yang ditandai dengan gejala sakit kepala, lemas, muncul jerawat, migrain dan pilek.

Nah, ramuan kunyit asam ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sistem imunitas tubuh pun bisa mencegah sindrom PMS karena dapat bekerja secara maksimal. 

4 Gangguan Saat Datang Bulan (Orami)