Percaya Nggak Kalau Makhluk Mitologi ini Berdasarkan Kisah Nyata?

deretan makhluk mitologi berdasarkan kisah nyata

Memang ada banyak makhluk mitologi di dunia ini. Namun apa jadinya kalau mereka ternyata dibuat berdasarkan kisah nyata? Benarkah begitu? Yuk simak selengkapnya! 

Burung Thunderbird 

Legenda Thunderbird berasal dari Amerika, dimana ada burung yang sangat besar dan bisa membawa anak paus di cakarnya. Jika di Eropa, mitos ini dianggap dengan naga bersayap. Faktanya ada Elang Laut  Steller yang sangat besar dan lebih berat daripada elang botak, kira-kira Elang Laut Steller bisa memiliki sayang hingga 20 kaki. 

Kraken 

(boombastis.com)

Siapa yang tidak tahu kraken? Makhluk mitologi ini sering dikatakan memiliki tentakel panjang yang bisa menenggelamkan kapal. Dilansir BBC, ada gurita raksasa nyata yang bisa tumbung hingga 50 kaki loh. Ada juga ahli paleontologi yang percaya ia menemukan bukti gurita Trias yang panjangnya mencapai 100 kaki. 

Hobbit 

(bbc)

Manusia kecil dalam film The Lord of The Rings ini ternyata mirip dengan ras manusia proto yang bertumbuh kecil dan sungguh ada di bumi antara 190.000 - 50.000 tahun yang lalu. Sepanjang perjalanannya, banyak ilmuwan yang menemukan kerangka hobbit yang dikenal dengan nama ‘Homo floresiensis’.

Basilisk 

(koransulindo.com)

Dalam legendanya, basilisk mampu bergerak menggunakan bagian depan tubuhnya yang tegak, hidup di tempat kering atau berpasir dan hanya musang yang dapat membunuhnya. Cukup jelas bahwa itu didasarkan dengan fakta ular kobra Mesir yang bisa menahan bagian depan tubuhnya, menatap sisi korbannya dan musuh satu-satunya adalah luwak yang mirip dengan musang. 

(harrypotter.fandom.com)