Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Mudah dan Aman

Mengetahui cara merawat rambut bercabang yang tepat bisa membuat rambut sehat dan kembali indah seperti sedia kala.

Selain ketombe, rambut bercabang adalah salah satu masalah pada rambut yang tak jarang membuat siapa pun menjadi risau. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh salah perawatan rambut yang dilakukan, seperti shampo, alat pengering, atau sering memakai pelurus rambut. Lalu bagaimana cara merawat rambut bercabang ? 

Perlu kamu tahu bahwa cara merawat rambut bercabang yang salah juga akan semakin memperparah kondisi rambut. Nah, agar rambut menjadi indah kembali, berikut ini adalah cara merawat rambut bercabang yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunting Ujung Rambut

Meski anda ingin memiliki rambut panjang, jangan segan-segan untuk menggunting ujung rambut. Cara ini adalah yang paling mudah anda lakukan. Disarankan untuk menggunting ujung rambut sekitar 6 sampai 8 minggu sekali.

2. Gunakan Shampoo Organik

Cara Merawat Rambut Bercabang (via Orami)

Shampoo yang ada di pasaran biasanya mengandung bahan kimia yang cukup keras seperti paraben, sulfat, silikon dan pewangi sintetis. Bahan itulah yang dapat membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Cobalah untuk beralih menggunakan shampoo berbahan dasar organik.

3. Menyisir dengan Perlahan

Cara Merawat Rambut Bercabang (via BP Guide)

Alih-alih cepat lurus, menyisir rambut secara cepat dan kasar akan membuat rambut anda mudah untuk bercabang. Hal tersebut lantaran gesekan sisir dan rambut menyebabkan kutikula menjadi rusak. Oleh karena itu, sisirlah rambut secara perlahan agar tidak merusak rambut.

4. Gunakan Kondisioner

Cara Merawat Rambut Bercabang (via Hello Sehat)

Selain shampoo, perawatan tambahan juga dapat memperbaiki kondisi kesehatan rambut anda. Pilihlah kondisioner yang cocok dengan shampo yang anda pakai. Kondisioner akan membantu rambut anda menjadi lebih lembut dan mudah diatur.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Cara Merawat Rambut Bercabang (via Womantalk)

Rambut yang terkena paparan sinar matahari langsung akan mudah kering dan bercabang. Maka dari itu, lindungi rambut anda dari terik matahari. Itulah beberapa cara merawat rambut bercabang . Selamat mencoba dan lihat hasilnya!

Cara Merawat Rambut Bercabang (via Stylo ID)