Anti Gagal! 7 Tips Menghilangkan Kusut di Baju Tanpa Setrika

Anti Gagal! 7 Tips Menghilangkan Kusut di Baju Tanpa Setrika

Siapa sih yang suka nyetrika? Kalau enggak kepepet karena butuh kemeja polos untuk acara formal, orang bakal malas banget nyetrika. Apalagi nyetrika semua baju. Mending langsung aja pakai jasa laundry, atau minta tolong mbak di rumah.

Eit, tapi gimana kalau dua cara itu tak lagi bisa jadi pilihan? Mau gak mau kita harus nyetrika sendiri kan?

Gak usah sedih dulu. Di bawah ini ada 7 cara menghaluskan pakaian agar gak kusut tanpa harus repot nyetrika. Yuk simak!

1. Semprotan Penghalus Pakaian

Dalam hal menghilangkan kerutan, merek deterjen cucian secara serius bisa melakukannya. Ada baiknya untuk gunakan pelembut pakaian yang jenis semprotan. Caranya: semprotkan area yang bermasalah, lalu gantung hingga kering.

2. Catokan Rambut

Siapa sangka catokan tidak hanya bisa untuk menghilangkan rambut kusut. Kamu bisa memanfaatkan catokan untuk menekan kerah kemeja dengan cepat atau menghilangkan kerutan kecil di blus. 

3. Hairdryer

Menghaluskan pakaian dengan catokan (travelingyuk.com)

Tidak ada setrika? Tidak masalah. Kamu juga bisa menghilangkan kerutan pakaian dengan semburan udara panas yang terkonsentrasi. Pegang pengering rambutmu sekitar dua inci ke belakang dari pakaian untuk menghindari kain hangus.

4. Uap Pot Teh

Metode bebas zat besi ini paling cocok untuk kerutan kecil. Rebus air, lalu sebelum Anda menikmati secangkir Sarapan Inggris pagi itu, pegang cerat ketel uap 12 inci dari area bermasalah yang berkerut pada pakaian. Anda akan mendapatkan uap pekat tanpa cermin kamar mandi yang berkabut.

5. Es Batu

Yang ini mungkin tampak aneh, tetapi bisa berhasil! Caranya, coba masukkan kemeja yang kusut ke dalam pengering dengan beberapa es batu nyalakan mesin selama beberapa menit. Nantinya, es akan mencair dan menghasilkan uap yang menghilangkan kerutan.

6. Gulung Bajumu Seperti Burito

Menghaluskan baju dengan hairdryer (thekrazycouponlady.com)

Letakkan baju kusutmu di permukaan yang rata, lalu gulung dengan kencang seperti kamu membuat burrito. Selanjutnya, letakkan pakaian di bawah kasur selama 15 hingga 30 menit. Tujuannya untuk benar-benar menekan pakaianmu.

7. Manfaatkan Uap Shower

Trik untuk merapikan lipatan tanpa setrika yang satu ini bisa kamu pakai saat bepergian. Caranya, coba tutup jendela dan pintu di kamar mandi, lalu gantung pakaian kusut tak jauh dari pancuran. Kemudian lakukan rutinitas mandimu seperti biasa. Lima belas menit kemudian, pakaianmu tadi akan bebas kerut. Keren kan?

 

Itu tadi cara menyetrika baju dan menghilangkan kerutan di baju tanpa setrika. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Menggulung baju untuk menghilangkan kusut (fitinline.com)