Pulau Buatan Manusia Terunik dari Berbagai Belahan Dunia

deretan pulau unik buatan manusia

Majunya teknologi memungkinkan manusia untuk membuat pulau-pulau buatan yang sengaja dibangun oleh manusia. Beberapa diantaranya memiliki bentuk dan ciri khas unik. Yuk simak beberapa pulau buatan unik yang ada di berbagai belahan dunia. 

Northstar - Amerika Serikat 

Pulau buatan ini dibangun untuk memudahkan aktivitas penambangan minyak di lokasi tersebut. Di bawah pulau Northstar ada cadangan minyak yang terletak 3.800 meter di bawah dasar laut. Untuk membangun pondasi pulau. Sebanyak 540 rubik kubik balok es harus dipindahkan ke bawah pulau. 

Pulau Apung Suku Uros - Peru 

(Pulau Northstar via en.wikipedia.org)

Pulau apung ada di Kepulauan Uros, Danau Titicaca, Amerika Selatan. Dibuat dari balok lumpur dan batang rumput totora. Ada lebih dari 100 pulau apun yang dibangun suku Uros. masing-masing dihuni lebih dari 10 keluarga. Supaya pulau tidak terpisah satu sama lain pulau dirangkai dengan tali. Agar tidak tenggelam, pulau tersebut harus diperbarui secara berkala dengan menambahkan lapisan rumput baru di bagian atasnya. 

No Man’s Land - Inggris 

(Pulau Apung Suku Uros, Peru via travel.detik.com)

Dari abad 19 ada pulau atau benteng laut berbentuk silinder yang dibangn di sebelah lautajn Inggris. Benteng tersebut memiliki 600 meter dan bisa ditempati 80 prajurit. Dilengkapi dengan 49 meriam, di tengahnya terdapat sumber air tawar yang diambil dari dasar bawah laut. 

(No Man’s Land, Inggris via jakartainsight,com)