Stress Berlarut-Larut? Coba Lakukan 4 Hal Ini Saat Di Waktu Luang

Stress Berlarut-Larut? Coba Lakukan 4 Hal Ini Saat Di Waktu Luang

Stres menjadi kondisi yang hampir dialami setiap orang, entah itu remaja atau orang dewasa. Penyebabnya pun bisa berbeda-beda. Namun umumnya, stres terjadi ketika seseorang memiliki tekanan atau tuntutan yang membebani hidup mereka.

Walaupun stres merupakan kondisi yang wajar, tapi jika tidak dikontrol dengan baik, hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental. Dan parahnya, stres juga bisa memicu timbulnya depresi.

Nah, supaya tidak berdampak panjang, berikut ini ada 4 hal yang bisa kamu lakukan saat menghadapi stres.

# Luangkan waktu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meluangkan waktu untuk dirimu sendiri. Di langkah ini, kamu bisa membersihkan ruangan pribadimu dan menyingkirkan barang-barang yang sekiranya sudah tak diperlukan. Hal ini bisa membantu mengurangi tingkat stresmu.

# Katakan tidak tanpa harus merasa bersalah

Beberapa langkah mudah untuk atasi stres (via kompas.com)

Seringkali kita merasa tidak enak jika mengatakan ‘tidak’ atau menolak orang lain. Namun yang perlu kamu ingat adalah tak semua permintaan orang lain bisa kamu wujudkan. Terkadang kamu lupa bahwa bantuan yang kamu berikan itu tak sesuai dengan kemampuanmu.

Oleh karena itu, biasakan untuk mengatakan ‘tidak’ jika seseorang meminta bantuan yang membebanimu.

# Prioritaskan hal yang lebih penting dulu

Saat kamu ingin menyelesaikan segala keperluan, kadang kala kamu lupa pentingnya prioritas. Ya, jika kamu melakukan semua hal tanpa adanya prioritas, ini akan membuatmu mudah stres.

Jadi, mulailah untuk menyelesaikan tugas atau tanggung jawab yang terpenting dulu, baru kamu bisa beralih ke tugas lainnya.

# Bersantai

Beberapa langkah mudah untuk atasi stres (via hellosehat.com)

Terakhir adalah luangkan waktumu untuk bersantai sejenak dari aktivitas sehari-hari. Kamu bisa luangkan waktu untuk menyesap teh panas, berjemur, mendengarkan lagu, menonton film atau melakukan hal lain yang menyenangkan. 

Dengan bersantai, energi kamu bisa kembali meningkat serta kondisi batin menjadi lebih seimbang.

Beberapa langkah mudah untuk atasi stres (via hellosehat.com)