Nih Macam-Macam Tahayul Soal Makanan...

Macam-macam tahayul soal makanan itu beneran ada. Tapi untunglah tahayul itu gak dipercaya di negeri kita.

Macam-macam tahayul soal makanan itu udah ada dari dulu. Banyak yang percaya, tapi gak sedikit juga yang menyangkal. Karena itu, orang jadi punya kebiasaan yang beda-beda dalam menyikapi masakan atau makanan.

Dalam hal ini, ada berbagai macam tahayul soal makanan. Yang gak percaya nyebut itu sebagai mitos aja sih. Contohnya? Banyak banget.

Kuy disimak macam-macam tahayul soal makanan. Terserah sih mau percaya atau nggak. Kalo kita makanan atau minuman sih sikat aja lah.

1. Ngaduk gula tapi gak larut, berarti ada yang jatuh cinta tuh

Pernah denger mitos ini gak gengs. Katanya, ini macam tahayul pertama yang dipercaya oleh masyarakat Inggris. 

Ada cerita, kalo kalian ngaduk gula dalam cangkir atau gelas teh tapi gak kunjung larut... berarti ada yang lagi jatuh cinta sama kalian. Atau, ada seorang secret admirer yang berharap menemukan cinta dari peminum teh.

Gula dan teh itu teman abadi (shutterstock.com)

2. Ngasih cabe rawit ke temen bisa bawa petaka

Macam-macam tahayul soal makanan yang kedua ini mungkin lucu kalo didenger orang kita. Soalnya kita biasa banget kan tuh berbagi cabe rawit ke temen pas makan gorengan.

Nah tahayul begini dipercaya sama orang-orang Amerika. Katanya, pada abad 19 dulu, kalo seseorang ngasih cabe rawit ke temen pake tangannya sendiri bisa menyebabkan hancurnya persahabatan yang udah terjalin.

Semenjak mitos itu merebak, orang-orang Amerika di jaman itu cuma meletakkan cabe rawit di meja dan biar diambil sendiri sama orang yang butuh. Kalo begini, katanya, persahabatannya bakal baik-baik aja gengs.

Bakwan! (bersamadakwah.net)

3. Kalo makan mi terus motongnya pendek, berarti kita motong usia juga

Tahayul yang ketiga ini datang dari China. Orang Tiongkok jaman dulu percaya mi berukuran panjang menandakan keabadian. Konon, kalo kita makan mi yang panjang, kita punya usia yang setidaknya lebih panjang ketimbang yang nggak sama sekali.

Jadi jelas kan, kalo pas kita makan mi dan masih percaya sama tahayul macam ini... mungkin bakal diseruput sampe panjang tuh. Tapi kalo telanjur kepotong, ya kalo kaian percaya sih, berarti.... Kok horor ya.

Makan mi gak boleh putus (abc.net.au)

4. Biar gak didatengin penyihir, hancurkan kulit telur

Para pelaut abad 16 dulu percaya nih sama tahayul macem gini. Kulit telur yang dijadikan bahan makanan di atas kapal harus bener-bener dalam keadaan remuk gengs.

Kalo kebiasaan kita sekarang kan mecahin telur cuma dibelah jadi dua gitu aja tuh. Isinya keluar terus goreng deh. Kalo kalian hidup di jaman itu, menurut para pelaut, penyihir bisa datang ke kapal-kapal mereka meski sedang berlayar. Tanya Kapten Jack Sparrow deh biar lebih jelas.

Kulit telur begini malah datengin penyihir gengs (draxe.com)

5. Ngunyah permen karet di malam hari sama kayak lagi makan bangkai

macam-macam tahayul yang terakhir unik juga nih. Di Turki, kepercayaan ini tumbuh subur gengs sampe sekarang. Konon, kalo orang ngunyah permen karet di malam hari, itu sama aja kayak dia lagi ngunyah daging bangkai.

Sebenernya ini ngeri apa serem ya? Kok daging bangkai ya yang dimaksud? Tapi sebenernya mitos ini diciptakan biar anak-anak kecil gak ngunyah permen karet lagi sebelum tidur.

Itu dia gengs macam-macam tahayul soal makanan. Percaya boleh, nggak percaya juga gapapa. Tapi rata-rata di negeri kita gak ada sih. Ya kan?

Kalian gak boleh ngunyah permen karet malem-malem di Turki (kidzchoicedental.com)