Beberapa Fakta Unik Tentang Negara Vanuatu, Salah Satunya Terancam Tenggelam

Beberapa Fakta Unik Tentang Negara Vanuatu, Salah Satunya Terancam Tenggelam

Tiap tahunnya, Vanuatu selalu memiliki isu-isu yang mengejutkan. Negara yang berada di Samudra Pasifik Selatan ini kembali memberikan kritikan soal sikap negara terhadap Papua pada Sidang Umum PBB. Bahkan, Vanuatu memberikan dukungan kemerdekaan terhadap Papua Barat.

Terlepas dari kontroversinya, Vanuatu merupakan negara yang sangat indah. Ia memiliki aset alam yang indah dengan pemandangan yang begitu menawan.

Banyak wisatawan yang rela mengeluarkan banyak uang demi bisa menikmati keindahan berwisata di negara kecil ini. 

Berikut adalah beberapa fakta unik lainnya mengenai Vanuatu.

# Ukuran Pulau Vanuatu tak lebih besar dari Sumbawa

Vanuatu termasuk negara yang tergolong kecil. Menurut laporan Wikipedia, negara dengan ibu kota Port Vila ini punya luas 12.189 kilometer persegi. Luas ini bahkan jauh lebih kecil dibandingkan Kepulauan Sumbawa. Sedangkan populasi di Vanuatu pada tahun 2019 hanya mencapai  299.882 jiwa.

# Negara yang paling bahagia di dunia

Fakta unik negara Vanuatu (via boombastis)

Percaya gak percaya, Vanuatu termasuk negara yang masyarakatnya hidup sangat bahagia. Hal ini diungkapkan oleh Happy Planet Index yang mempertimbangkan berbagai faktor seperti kesejahteraan penduduk, penghasilan, politik, dan lain-lain. Di samping itu, warga di sana juga terbiasa untuk hidup bersama dan bermusyawarah dalam mencapai segala keputusan negara. 

# Pernah menerapkan pola hidup ‘kanibalisme’

Uniknya, Vanuatu sempat memiliki gaya hidup kanibalisme di tahun 1839 ketika dua misionaris Inggris dikirimkan ke  Pulau Martyrs. Namun kala itu, keduanya malah dibunuh dan dijadikan santapan. 

Bahkan sampai sekarang, mereka masih memiliki situs peninggalan berupa oven yang dikhususkan memasak daging manusia. Hiihh, merinding!

# Terancam akibat pemanasan global 

Fakta unik negara Vanuatu (via boombastis)

Walaupun termasuk negara yang bahagia, Vanuatu justru berpotensi sebagai negara yang bakal hilang dari peta akibat global warming.

Dari laporan PBB, Vanuatu bersamaan dengan Tuvalu, Kiribati, Samoa, Nauru, Kepulauan Solomon, Kepulauan Fiji, Kepulauan Marshall, Kepulauan Maladewa, kemungkinan besar akan tenggelam jika permukaan air terus naik.

# Vanuatu termasuk negara yang mendukung kemerdekaan Papua Barat

Perdana Menteri Bob Loughman Weibur, sempat membahas soal Papua Barat pada Sidang Umum PBB, Minggu (26/9/2021). Ia mengatakan bahwa masyarakat di sana sangat menderita karena banyaknya pelanggaran HAM. Tetapi Indonesia malah menyanggah pernyataan tersebut.

Itu sebabnya, Vanuatu mendukung kebebasan Papua Barat untuk memiliki negara sendiri. Perdana Menteri pertama, Walter Hadye, pernah berkata bahwa kemerdekaan Vanuatu dari Perancis dan Inggris di tahun 1980 belum lengkap bila tidak diikuti seluruh Melanesia, termasuk tanah Papua.

Fakta unik negara Vanuatu (via boombastis)