Buat yang Kepo dan Mau Daftar, Berikut Ini 5 Syarat Utama untuk Jadi Anggota BIN

Buat yang Kepo dan Mau Daftar, Berikut Ini 5 Syarat Utama untuk Jadi Anggota BIN

Gak cuma di film-film, jadi anggota agen rahasia emang aslinya keren banget. Meski keren, risiko pekerjaannya juga tinggi, dan seleksinya pun gak sembarangan. Maka gak heran kalau gajinya pun tinggi, sampai puluhan juta.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk jadi anggota agen rahasia, yuk kepoin persyaratan apa aja yang harus kamu miliki untuk bisa direkrut, di bawah ini!

1. Pintar dan Cerdas

Syarat utama jadi anggota BIN tentu harus pintar dan cerdas. Namanya juga badan intelijen, masak enggak intelek kan gak mungkin.

Apalagi tugasnya berat. Anggota BIN harus bisa mengumpulkan informasi secara rahasia, menyelediki kasus, dan mencari solusi dengan cepat.

Mereka dituntut untuk bekerja dengan nalar dan perhitungan yang tepat. Selain itu, mereka juga dituntut harus bisa menguasai beberapa bahasa.

2. Bisa Jaga Rahasia

Sebagai anggota BIN, kamu harus bisa menjaga rahasia dan menyembunyikan profilmu. Keluarga sekalipun tak boleh tahu bahwa kamu adalah anggota BIN atau sedang mengerjakan kasus tertentu.

Semua tugas dan karier sebagai BIN hanya boleh diketahui sesama anggota dan lembaga saja.

Para anggota BIN (boombastis.com)

3. Siap Bertempur dan Mati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Risiko menjadi agen rahasia sangatlah besar, yaitu nyawa. Jadi, kalau kamu memang berniat jadi anggota BIN, kamu harus sudah siap mental untuk bertemu ajal kapan pun.

Sebab yang kamu hadapi bukan orang sembarangan. Bisa agen rahasia negara lain, bisa teroris, bisa pembunuh profesional, dan sebagainya.

4. Punya Fisik Sehat dan Kuat

Sama seperti syarat menjadi aparat pada umumnya. Anggota BIN juga dituntut untuk memiliki fisik yang sehat dan juga kuat. 

Mereka akan dihadapkan pada kondisi ekstrem, berbahaya, sehingga mereka harus punya kemampuan fisik di atas rata-rata. Tak hanya itu, mereka juga harus punya skill bela diri, memanjat, berlari, berenang, dan skill bertahan hidup.

Raker Komisi I dengan BIN (beritasatu.com)

5. Harus Siap Ganti Rugi

Ganti Rugi ini adalah opsi terakhir jika kamu menyerah atau memutuskan keluar dari BIN. Uang ganti rugi diberikan untuk mengganti uang pendidikan dan sebagai upaya meminimalisasi pengunduran diri agen lain.

Jadi memang bukan orang sembarangan yang bisa diterima dan bertekad jadi anggota rahasia.

Gimana, masih berniat jadi anggota BIN? 

Kantor BIN (rilis.id)