Tips Cegah Overheat Agar Laptop Tetap Dingin

lakukan 4 cara ini untuk menghindari laptop kamu menjadi overheat

Saat digunakan dalam waktu yang cukup lama, atau melakukan tugas berat memang membuat laptop cenderung mudah panas hingga overheat. Agar performa laptop Kembali normal, maka temperature laptop harus diturunkan agar tetap dingin. 

Lalu bagaimana cara menjaga agar laptop kamu tetap dingin? Yuk simak beberapa tips berikut ini. 

1. Pakai Cooling Pad. 

Bagian bawah laptop memiliki suhu yang paling tinggi karena disitulah komponen utama laptop berada. Untuk menjaganya tetap dingin, taruh cooling pad id bawah laptop agar tidak mudah panas. 

2. Letakkan Laptop di Permukaan yang Keras

 

(ilustrasi laptop (pexels.com,Pixabay))

Jangan letakkan laptop di permukaan tidak datar seperti Kasur atau karpet karena bisa menyebabkan sirkulasi udara dalam laptop menjadi buruk karena ventilasinya tertutup. Pastikan untuk meletakkan laptop di permukaan yang keras dan datar seperti meja atau lantai. 

3. Hentikan Program yang Tidak Dipelukan

(pexels.com,Cytonn Photography)

Banyaknya program yang berjalan mampu membuat laptop cepat panas, karena itu kamu bisa mengurangi beban CPU dengan menghapus beberapa program yang sedang tidak kamu pakai. Lihat CPU Usaga lewat task manager, lalu pilih performance, klik disable untuk program yang tidak kamu gunakan. 

4. Ganti RAM Lebih Besar

((pexels.com,Christina Morillo)

Biasanya dengan RAM kecil namun kinerja laptop cukup berat, mampu membuta laptop cepat panas. Saat kehabisan RAM maka suhu laptop cenderung naik. Jika sudah begitu, ada baiknya untuk mengganti RAM dengan ukuran yang lebih besar untuk memperbaiki performa laptop. 

( RAM (pexels.com, 502designs))