Waduh, Telkom Sebut Perbaikan Kabel Laut Jasuka Butuh Waktu Sebulan

permasalahan kabel laut jasuka milik telkom yang masih belum selesai

Masalah kabel bawah laut Jasuka milik Telkomgroup ini memang membuat layanan Indihone dan Telkomsel mengalami gangguan di beberapa wilayah yang terdampak. Saat ini pihak Telkom sedang berusaha untuk memperbaikinya.

Dilansir dari Kompas Tekno, alam keterangan resminya, Telkom memperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu tersebut akan berlangsung selama sebulan. 

Telkomgroup akan segera melakuakn penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan, seperti penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan dan kelengkapan yang diperlukan. 

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menyebutkan akan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif halur komunikasi menuju Batam untuk peningkatan kualitas layanan. 

Kapsitas jaringan juga ditingkatkan melalui pengaktifan jalur back up alternatif, khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. 

(cnbcindonesia)

“Disamping itu, kami juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menujukkan occupancy tinggi,” jelas Pujo. 

Pujo juga menyebutkan bahwa dengan adanya proses peningkatan kualitas layanan yang bertahap itu, maka tak menutup kemungkinan adanya sistem prioritas seperti untuk kebutuhan video conference bagi masyarakat yang bekerja dan sekolah dari rumah.

“Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH mengingat saat in kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas,” lanjut Pujo. 

(nextren)