Letusan Dahsyat Gunung Berapi Ini Bikin Kamu Bersyukur Belum Dilahirkan Saat Kejadian

Letusan Dahsyat Gunung Berapi Ini Bikin Kamu Bersyukur Belum Dilahirkan Saat Kejadian

Erupsi gunung merapi terjadi karena batuan dalam perut bumi yang mencair dan menjadi magma bergerak naik mengisi kerak bumi, dan jika magma ini sudah penuh dan tak terbdendung maka ia akan keluar sebagai lava melalui gunung berapi.

Letusan gunung berapi bervariasi tergantung dari banyak sedikitnya magma yang dikandung. Beberapa letusan menyimpan energi yang begitu besar sehingga disetarakan dengan bom atom.

Berikut ini akan dibahas mengenai kekuatan letusan gunung berapi yang begitu kuat hingga setara bom atom atau bahkan melebihi daya ledak bom atom.

1. Gunung Pinatubo

Gunung berapi di Filipina ini meletus dengan dahsyat pada tahun 15 juni 1991. Satu tahun sebelum letusan hebat tersebut, terjadi gempa berkekuatan 7,8 SR yang terajdi di 100 km timur laut gunung pinatubo.

Gempa ini memberi energi dorongan kepada magma di dalam perut bumi untuk mencuat ke permukaan. Puncaknya terjadi di bulan juni ketika gunung pinatubo meletus dan mengeluarkan puluhan ribu ton gas sulfur dioksida atau belerang.

2. Gunung Vesuvius

https://www.thoughtco.com/

Letusan Gunung Vesuvius yang meluluhkan kota pompeii di Italia ini telah meletus beberapa kali sepanjang sejarah dan yang paling dahsayt adalah tahun 79 masehi. Kota Pompeii tertutup oleh lahar panas dan diselimuti kegelapan karena debu vulkanik memantulkan cahaya matahari kembali ke langit.

Akibat letusan tersebut, kota Pompeii terkubur dalam abu vulkanik dan sektar 16.000 orang tewas. Selama beberapa ratus tahun kota Pompeii menjadi kota pompeii karena ledakan dahsyat ini.

3. Gunung Tambora

Pada April 1815 gunung gas beracun sebanyak 150 kilometer kubik, dan 60 megaton belerang terlontar keangkasa beriringan dengan meletusnya Gunung Tambora yang memakan lebih dari 90.000 jiwa

Dan letusan ini memberi dampak secara global, saking banyaknya debu vulkanik yang terlontar di angkasa Bumi mengalami tahun tanpa mussim panas karena sinar matahari tidak dapat mencapai daratan.

https://media.tacdn.com/