Begini Kronologi Transgender Nur Sajat Yang Ditangkap Setelah Pakai Mukena Saat Umrah

Begini Kronologi Transgender Nur Sajat Yang Ditangkap Setelah Pakai Mukena Saat Umrah

Nur Sajat adalah sosok selebgram sekaligus pengusaha asal Malaysia yang ditangkap oleh pihak berwajib. Ia diketahui melarikan diri ke Thailand setelah tersandung kasus pelanggaran UU Syariat.

Nur Sajat menjadi atensi publik karena kasus umrah menggunakan pakaian wanita pada Februari 2020. Isu kontroversi itu pun terjadi saat ia membagikan momen umrahnya di media sosial sambil mengenakan mukena di Mekkah.

Nama aslinya adalah Muhammad Sajad Kamaruzaman yang terdaftar sebagai anggota umrah dengan jenis kelamin pria. Tapi saat di Tanah Suci, ia malah mengklaim sebagai orang hermaprodit atau berkelamin dua 2 jenis kepada Mutawif. 

Setelah postingannya menggunakan mukena di depan Ka’bah menjadi kontroversi, ia pun dilaporkan oleh pihak berwenang. Malaysia ingin mengadili Nur Sajat karena telah melanggar UU Syariat ketika memakai pakaian perempuan di depan Ka’bah.

Nur Sajat yang ditangkap karena menggunakan mukena saat umrah (via detik)

Selain itu, ia juga ditangkap karena kasus brand kosmetiknya yang bermasalah soal izin. Pihak Kementerian Kesehatan telah menyita 19 produknya dengan nilai Rp 34,6 juta. Ia dituduh telah melanggar UU soal regulasi obat dan kosmetik sehingga terancam hukuman penjara 3 tahun.

Tak hanya sampai disitu. Nur Sajat juga pernah tertangkap karena melabrak sales produk kecantikan di sebuah mal pada tahun 2016.

Saat itu, ia juga disebut telah menampar seorang SPG berkali-kali karena asistennya telah direndahkan.

Terbelit banyak masalah hukum dan diadili atas kasus pelanggaran UU syariat, kini Nur kabur ke Thailand. Transgender yang diketahui lama tinggal di Bangkok itu diketahui sudah melanggar imigrasi.

Departemen Imigrasi Thailand mengungkapkan sudah mengetahui dimana keberadaannya sejak Maret 2021 sebelum akhirnya berhasil diamankan pada 8 September 2021 di sebuah kondominium mewah di Bangkok.

Nur Sajat yang ditangkap karena menggunakan mukena saat umrah (via detik)