Dapat Kartu Merah, Ronaldo Tak Bisa Disandingkan dengan Gary Lineker

Ternyata, untuk urusan fair play, ia tidak dapat disejajarkan dengan beberapa pemain di bawah ini termasuk Gary Lineker.

Ada kejadian penting saat kemenangan Juventus atas Valencia di lanjutan laga Liga Champion tadi malam. Yaitu pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo mendapat kartu merah lantaran dianggap wasit melakukan tindakan yang tidak sportif.

Kartu merah ini didapat Ronaldo pada menit ke-29 dari Felix Brych yang memipin jalannya laga. Ronaldo tadi malam sempat beradu badan dengan Jeison Murillo, pemain belakang Valencia. Murillo pun terjatuh. Merasa bahwa senggolan ini tidak terlalu kencang, Ronaldo lantas menghardik Murillo dan sedikit menyentuh kepalanya.

Sontak kejadian tersebut memancing reaksi pemain Valencia hingga berujung ketegangan. Wasit akhirnya menghadiahi mantan bintang Real Madrid itu kartu merah langsung. Tanpa Ronaldo, Juventus tetap memenangkan laga dengan skor 0-2. 

Ada-ada aja ya kejadian yang menimpa pemain berusia 33 tahun ini. Oh ya, ngomong-ngomong soal kartu merah, ada lho beberapa pemain dunia yang tidak pernah mendapatkan kartu tersebut selama karir mereka. Simak daftar 7 pemain sepakbola yang tak pernah dihadiahi wasit di bawah ini.

Cristiano Ronaldo (dnaindia.com)

1. Gary Lineker

Legenda Timnas Inggris ini adalah jawara dalam soal fair play. Lineker tidak pernah menerima satu pun kartu merah. Bahkan kartu kuning pun nggak pernah selama kariernya. Jadi Lineker adalah pemain yang paling bersih di dunia hingga saat ini. Jelas tak sejajar dengan Ronaldo.

Gary Lineker (football365.com)

2. Andres Iniesta

Mantan bintang Barcelona ini merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia ini tidak penah sekalipun diusir dari lapangan karena kartu merah. Ia selalu menampilkan pemainan yang adil meskipun bermain di posisi yang rentan dengan pelanggaran, yakni sektor tengah lapangan.

Andres Iniesta (finance.yahoo.com)

3. Ryan Giggs

Selama bermain untuk Manchester United di Liga Inggris mulai 1990 hingga 2014, Giggs tidak pernah sekalipun mendapat kartu merah. Untuk itu Giggs menjadi figur yang sangat dihormati di Old Trafford hingga mendapat sebutan "The Welsh Wizard".

Ryan Giggs (setanmerah.net)

4. Raúl González

Jika kalian penggemar baik Real Madrid maupun Barcelona, pasti kebayang bagaimana kerasnya laga El Clasico di antara kedua tim ini. Ronaldo pun pernah merasakannya ketika masih membela Real Madrid. Namun kerasnya laga ini tak menjadi masalah bagi Raul González. 

Doi gak pernah mendapat kartu merah selama laga tersebut. Kalo El Clasico aja bisa dilewatin, yang lain mah enteng.

Raúl González (egypttoday.com)

5. Philipp Lahm

Mantan kapten Timnas Jerman ini adalah sosok pesepakbola yang tidak pernah mandapat kartu merah. Meskipun ia bermain di sektor pertahanan. Setiap tekel dan terjangan yang dilakukan Lahm tidak pernah membawanya dalam masalah.

Philipp Lahm (wikipedia.org)

6. Damien Duff

Duff adalah salah satu pemain besar yang tidak pernah merasakan dihadiahi kartu merah. Meskipun sebagian besar kariernya berada di liga premier Inggris yang memang terkenal keras. Pesepakbola yang dikontrak Chelsea saat klub sedang kaya-kayanya ini juga dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin.

Damien Duff (irishtimes.com)

7. Edwin van der Sar

Satu lagi legenda Manchester United yang tidak pernah mendapatkan kartu merah. Ia adalah Edwin van der Sar. Hebatnya selama berlaga lebih dari 27.000 menit, tak ada satu menit pun ia harus berdebat dengan wasit lantaran diganjar kartu merah.

Edwin Van Der Sar (es.besoccer.com)