Deretan Menteri Terkaya di Indonesia, Hartanya Setinggi Langit

Di kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi terdapat beberapa Menteri yang memiliki kekayaan melimpah. Siapa saja mereka?

Sebelum menjadi Menteri di kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi, beberapa nama dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Maka tak dipungkiri para Menteri memiliki harta yang sangat banyak. Rata-rata mereka memiliki kekayaan di atas angka Rp 1 triliun.

Sebagai pejabat negara para Menteri rutin melaporkan kekayaan berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berikut nama-nama Menteri terkaya di Indonesia.

1. Sandiaga Uno

Dilansir dari Kompas, urutan pertama jatuh pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menjadi Menteri paling tajir di Indonesia karena berharta Rp 5 triliun.

Tentunya harta itu didapatkan dari banyak bisnis yang dimiliki Sandi, termasuk perusahaan yang dia rintis, Saratoga  yang memiliki banyak lini usaha di bawahnya. Sandi memiliki tanah dan bangunan yang tersebar di Indonesia dan kota besar di  Amerika Serikat seperti Washington, Boston, dan New York.

2. Erick Thohir

Erick menguntit Sandi berada di urutan kedua. Erick disebut memiliki harta Rp 2,3 triliun. Harta yang dimiliki Menteri BUMN terdiri dari tanah dan bangunan, juga ada mobil-mobil mewah keluaran Eropa, perusahaan, dan tabungan yang dia miliki. Erick juga memiliki kas berharga yang bernilai lebih dari Rp 1 triliun .

Sandiaga Uno (Okezone)

3. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto berada di posisi ketiga sebagai Menteri paling kaya di Indonesia. Sebelum menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo sudah cukup lama merintis dunia bisnis dengan mendirikan beberapa perusahaan. Prabowo memiliki kekayaan sebesar Rp 2 triliun. Kekayaan itu terdiri dari tanah dan bangunan, tabungan, surat berharga, kendaraan, dan beberapa sumber lain.

 

Erick Thohir (iNews)

4. Sakti Wahyu Trenggono

Sakti Wahyu Trenggono yang menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan memiliki harta sebesar Rp 1,9 triliun. Ia memiliki kekayaan yang bersumber dari tanah dan bangunan di kawasan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.  Wahyu juga memiliki beberapa mobil yang dia miliki hingga surat berharga yang sudah dilaporkan ke LHKPN.

Prabowo Subianto (CNN Indonesia)

5. Nadiem Makarim

Sebelum jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaa - Riset Teknologi, Nadiem Makarim adalah pendiri Gojek. Sosoknya yang muda dan inspiratif membuat nama Nadiem sudah terkenal sejak Gojek beroperasi di Indonesia. Nadiem memiliki total kekayaan sekitar Rp 1,2 triliun yang terdiri dari tanah, bangunan, kendaraan, dan juga beberapa surat berharga.

Sakti Wahyu Trenggono (Tirto.ID)