Mengenal Kampung ‘Vietnam’ Jakarta Timur Yang Terkenal Angker!

Mengenal Kampung ‘Vietnam’ Jakarta Timur Yang Terkenal Angker!

Di tengah kehidupan mewah Jakarta, ternyata, siapa sangka kalo masih banyak tempat-tempat yang dikenal angker. Salah satunya di kawasan Jakarta Timur yang bernama kampung mati Vietnam.

Menurut cerita yang tersebar, konon katanya tempat ini dulunya adalah bekas panti jompo. Namun, tempat ini juga pernah menjadi saksi bisu pengungsian warga Vietnam.

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa tempat tersebut terkenal angker dan meninggalkan berbagai cerita mengerikan.

Kampung mati Vietnam memiliki tanah seluas 2,3 hektar dan kabarnya saat ini hanya ditinggali oleh 17 kepala keluarga saja. Beberapa bangunannya yang tak berpenghuni pun dibiarkan begitu saja sampai-sampai rusak dan memprihatinkan.

Karena penasaran dengan kondisi di sana, sebuah penelusuran mistis pun dilakukan oleh seorang supranatural, Ki Geni Seketi bersama timnya. Ia mengatakan bahwa banyak ditemukan makhluk halus yang seringkali muncul.

Dilansir dari Urbanasia, Ki Geni Seketi bercerita bahwa lokasi kampung mati Vietnam cukup gelap di malam hari serta dipenuhi rerumputan yang tak terawat.

Kisah Kampung Vietnam angker di Jakarta Timur (via liputan6)

Ia juga menyium bau anyir ketika dirinya dan timnya datang pertama kali. Selain itu, di tempat yang terbuka seperti itu, seharusnya udara menjadi dingin. Namun saat di sana, Ki Geni Seketi justru merasakan hawa yang begitu panas dan negatif.

“Dari awal masuk ke dalam gerbang terasa aura mistisnya, nah mulai dari situ kayak disambut angin dan juga bau anyir, membuat tim yang ada di lokasi merinding,” ujar Ki Geni Seketi kepada Urbanasia, Kamis (4/2/2021).

Kisah Kampung Vietnam angker di Jakarta Timur (via liputan6)

Menurut cerita masyarakat setempat, kampung mati Vietnam memiliki seekor buaya yang sering muncul di sungai. Konon, buaya tersebut akan muncul ketika banjir besar akan datang.

Karena ingin tahu, Ki Geni pun membuktikan keberadaan buaya tersebut. Akan tetapi saat di malam hari pencarian buaya, ia malah dipertemukan dengan sosok nenek tua yang tengah duduk di pinggir sungai.

Saat dilakukan komunikasi batin dengan sosok gaib tersebut, rupanya nenek itulah yang kerap menjelma sebagai buaya dan muncul di saat-saat tertentu.

“Sosok tua tersebut ternyata siluman buaya yang sering memberi pertanda banjir yang akan datang di kampung mati Vietnam ini,” sambung Ki Geni.

Tak hanya nenek tua saja yang terlihat, Ki Geni juga menemukan beragam sosok makhluk seram lainnya seperti genderuwo bermata merah, hingga kuntilanak. Ia pun melanjutkan kembali penelusurannya ke sebuah bangunan tua yang tak terawat.

Katanya, lokasi tersebut dulunya merupakan tempat pembantaian. Ki Geni mendengar banyak suara tangis dan teriakan seperti orang yang sedang disiksa. Bahkan, salah satu anggota timnya sempat ditampakkan oleh makhluk yang berjalan dengan hentakan keras sambil menyeret rantai.

Ketika uji nyali berlangsung, ia sempat menghilang karena terpelanting ke sebuah ruangan lain yang berisikan tumpukan besi bangunan. Padahal, ruangan uji nyali itu sudah ditutup rapat dan tak ada celah untuk terhubung ke ruangan lain.

Ia juga sempat pingsan saat berpindah tempat. Ditambah, tubuhnya juga tertumpuk lempengan seng dan akhirnya berhasil ditemukan.

Kisah Kampung Vietnam angker di Jakarta Timur (via cncbcindonesia)