3 Suku Indonesia yang Terancam Punah

deretan suku yang terancam punah di indonesia

Indonesia dikenal dengan keberagaman suku, bahasa, budaya dan adatnya, mengingat Indonesia yang terbagi dalam 34 provinsi yang tersebar di seluruh nusantara. Setidaknya ada lebih dari 1.000 sungku bangsa dan 1.000 lebih bahasa yang berasal dari Indonesia.

Namun globalisasi dan perkembangan teknologi, membuat satu per satu suku asli Indonesia terasing dan terancam punah. Berikut adalah deretan suku Indonesia yang terancam punah.

Suku Dani

Suku asal Papua ini mendiami wilayah Lembah Baliem, Pegunungan Tengah. Papua. Hingga saat ini tradisi perang mereka menjadi salah satu acara kebudayaan yang ditunggu-tunggu oleh para turis. Meski gaya hidup modern sudah mempengaruhi mereka, namun suku Dani masih mengenakan koteka dan hidup di gubuk honai-honai.

Suku Laut

suku dani (wikipedia)

Disebut juga dengan Orang Selat atau Orang Laut yang terbagi dari berbagai kelompok, mereka tinggal di pulau-pulau dan muara sungai Kepulauan Riau. mulai dari Lingga, Batam, hingga Semenanjung Malaya Selatan. Kabarnya dulu suku Laut merupakan perompak dan memiliki andil untuk kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Malaka dan Johor.

Suku Togutil

(suku laut (qureta.com)

Tinggal di Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Suku ini hidup di hutan-hutan secara nomaden, sering disebut juga Suku Tobelo Dalam. Hingga 2019 kemarin tercatat tersisa 42 keluarga suku Togutil yang tersebar di perairan sungai Dodaga, hutan Totodogu dan Lolobata.

suku togutil (rimbakita.com)