Tragis Banget! Ini 5 Pemimpin Negara yang Tewas karena Ditembak

Beberapa pemimpin negara di dunia meninggal dunia karena menjadi korban penembakan.

Beberapa Presiden dan Perdana Menteri dari negara di dunia harus meregang nyawa akibat jadi korban penembakan.  Ada yang ditembak oleh orang tak dikenal hingga dibunuh oleh rakyatnya sendiri. Siapa sajakah Presiden dan Perdana Menteri tersebut?

1. Abraham Lincoln

Dikutip dari iNews, Abraham Lincoln menjadi Presiden Amerika Serikat pada 1861 - 1865. Lincoln ditembak  mati ketika sedang menghadiri pertunjukan Our American Cousin di Ford's Theatre di Washington DC. Ternyata  otak dibalik pembunuhan Lincoln adalah pria bernama John Wilkes Booth yang tidak terima dengan pidato Lincoln.

2. Aldo Moro

Aldo Moro merupakan seorang Perdana Menteri Italia. Moro ditembak oleh Red Brigade, sebuah kelompok militan sayap kiri Italia. Sebelum dibunuh, Moro diculik dan ditahan selama beberapa bulan. Moro ditembak 10 kali setelah pemerintah Italia menolak memberikan uang tebusan untuk kebebasan Moro.

Abraham Lincoln (Kompas.com)

3. John F.Kennedy

Salah satu peristiwa penembakan paling bersejarah di dunia terjadi pada 1963. Kala itu Kennedy tengah naik mobil tanpa atap di kawasan pusat kota Texas. Dia ditembak di bagian leher dan kepala. Pelaku penembakan bernama Lee Harvey Oswald yang ditangkap dan dijatuhi hukuman.

Aldo Moro (Liputan6.com)

4. Juan Jose Torres

Juan Jose Torres adalah Presiden Bolivia yang pernah diasingkan oleh gerombolan sayap kanan Bolivia pimpinan Kolonel Hugo Banzer ke Argentina. Pada tahun 1976 Torres ditembak mati oleh militer Argentina yang dikomandoi Jorge Videla.

John F.Kennedy (Liputan6.com)

5. Jovenel Moise

Yang terbaru adalah Jovenel Moise yang merupakan Presiden Haiti. Moise ditembak di kediamannya sendiri oleh sejumlah kelompok individu bersenjata yang  menyerang rumahnya pada (7/7) waktu setempat. Ternyata tak cuma Moise yang tertembak karena sang istri, Martine juga terkena tembakan namun hanya menderita luka-luka dan sekarang jalani perawatan di Rumah Sakit.

Juan Jose Torres (Wikiwand)

Dikutip dari Detik, Terkait kasus penembakan Moise, kabarnya pihak berwajib sudah menangkap beberapa orang yang diduga  menembak Moise. Tak sampai 24 jam, Polisi setempat membekuk para tersangka dan kini sudah dimintai keterangan dan menjalani proses hukum.

Jovenel Moise (Pikiran Rakyat)