Ingin Cuan? Ini 3 Pilihan Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Ingin Cuan? Ini 3 Pilihan Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Tak seperti mahasiswa baru atau pertengahan yang padat dengan organisasi dan tugas kuliah yang menumpuk, mahasiswa tingkat akhir biasanya sudah tidak terlalu sibuk selain untuk penelitian dan mengerjakan tugas akhir.

Sedangkan, semakin beranjak dewasa seseorang dituntut untuk dapat mandiri dengan menghasilkan uang sendiri. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa tingkat akhir mulai mencari uang dengan cara bekerja paruh waktu alias parttime.

Berikut ini terdapat sejumlah pilihan pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa tingkat akhir, dilansir dari berbagai sumber.

1. Bisnis Online

Akhir-akhir ini, bisnis online digemari oleh banyak orang, tak terkecuali para mahasiswa yang memasuki jenjang akhir. Bisnis tersebut dapat dilakukan dari rumah dengan mudah. Bahkan tak memerlukan modal besar.

Apalagi untuk saat ini yang serba digital, di mana masyarakat lebih menyukai membeli barang secara online. Kamu dapat membuka bisnis online melalui e-commerce, misalnya Shopee, Lazada, Tokopedia, dan sebagainya.

2. Freelance Writer

Ilustrasi Bisnis Online (AnterAja Blog)

Pengalaman sebagai mahasiswa tentu kerap mendapat tugas untuk menulis, entah menulis karya ilmiah, artikel, jurnal, laporan, dan sebagainya.

Gunakanlah keahlian menulis ini dapat kamu jadikan bekal untuk mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan sebagai freelance writer. Kamu dapat mencoba untuk menulis artikel atau konten untuk website perusahaan tertentu. Selain itu, pekerjaan ini bisa dilakukan hanya dai rumah saja atau remote.

3. Barista

Ilustrasi Freelance Writer (iWriter)

Menjamurnya kedai kopi di setiap sudut kota, membuka lapangan pekerjaan yang baru. Barista menjadi salah satu pekerjaan yang sedang tren digemari oleh para mahasiswa.

Namun demikian, kamu harus siap untuk bekerja di bawah tekanan. Biasanya barista terbagi menjadi 2 pembagian waktu kerja yakni full time dan part time. Pilihlah sesuai kapasitas dirimu.

Nah, itulah beberapa jenis rekomendasi pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa tingkat akhir. Lumayan kan untuk menambah uang jajan. Siapa tau bisa kamu lanjutkan saat kuliah nanti sehingga kamu tidak pusing mencari lowongan pekerjaan setelah wisuda.

Ilustrasi Barista (Restomart)