Penemu Angka Nol Ternyata Seorang Muslim, Cek Faktanya

Penemu angka nol diketahui adalah seorang muslim bernama Al Khawarizmi, seorang ahli di bidang matematika yang menerbitkan buku Kitabul Jama wat Tafriq dan Hisab Al-Jabar wal Muqabla.

Pernahkah kalian berpikir bagaimana jika angka nol tidak ada di dunia ini? Pasti ilmu matematika akan jauh berbeda, dan tidak seperti sekarang ini. Dan tahukah kalian jika angka nol ini ternyata ada penemunya, loh.

Penemu angka nol diketahui adalah seorang muslim bernama Al Khawarizmi. Karya-karya beliau di bidang matematika bisa kita temukan di Kitabul Jama wat Tafriq dan Hisab Al-Jabar wal Muqabla.

Selain ahli di bidang matematika, Al Khawarizmi juga orang yang ahli di bidang Geografi, bidang sejarah, dan juga merupakan seorang seniman.

Lahir di Uzbekistan pada tahun 780 M, di kota Khawarizm yang saat ini lebih dikenal dengan nama Khiva. Al Khawarizmi mulai tertarik menuntut ilmu sejak pindah bersama orang tuanya ke kota Bagdad.

Penemu Angka Nol (via Naviri Magazine)

Di kota Bagdad inilah Al Khawarizmi diangkat menjadi anggota Bayt Al-Hikmah, yaitu sebuah lembaga penelitian, pusat ilmu pengetahuan, penerjemah, dan juga sebagai perpustakaan besar yang didirikan oleh khalifah Harun Al-Rasyid. Lembaga ini pula lah yang nantinya mempertemukan Al Khawarizmi dengan ilmuwan besar lainnya.

Ia mulai mengenalkan angka 0 dalam bukunya berjudul al-Jam’ wat-Tafriq bi-Hisab al-Hind (The Book of Addition and Subtraction According to The Hindu Calculation). Dari buku ini lah ilmuwan Eropa mulai mengenal lalu menggunakan angka 0 untuk menghitung kelipatan 10, 100, 1000, dan seterunya.

Penemu Angka Nol (via Lentera Pendidikan)

Ilmuwan yang mempunyai nama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khawarizmi ini dikenal ilmuwan Eropa dengan nama Algoritm, Algorismus, atau Algoritma.

Berkat penemuan angka nol dan jasanya dalam bidang ilmu matematika, kini Al Khawarizmi dinobatkan sebagai "Bapak Aljabar." Hal ini telah diakui oleh hampir semua ilmuwan di dunia.

Penemu Angka Nol (via Grid.id)