Inggris VS Jerman di EURO 2020: Memori Suram Gareth Southgate di Wembley

Pertemuan Inggris melawan Jerman di 16 besar EURO 2020 mendatangkan memori kelam bagi Gareth Southgate.

Inggris akan menghadapi Jerman di babak 16 besar EURO 2020 pada Selasa (29/6) di Stadion Wembley, London, Inggris. Bisa dibilang pertandingan ini merupakan duel klasik, sebab 2 tim ini sudah sering bertemu di berbagai ajang turnamen dari Piala Dunia hingga Piala Eropa.

Pelatih Inggris mungkin menjadi salah satu orang yang mendapatkan sorotan pada pertandingan kali ini. Gareth Southgate pernah memiliki cerita kelam di masa lalu ketika masih membela timnas Inggris.

Southgate tidak akan pernah lupa ketika ia menjadi penendang terakhir di babak adu pinalti kala Inggris menghadapi Jerman di semi final  EURO 1996 yang juga berlangsung di Stadion Wembley. 

Gareth Southgate di EURO 1996 (Evening Standart)

Saat itu Southgate gagal menendang pinalti ke gawang Jerman yang dikawal oleh Andreas Kopke. Alhasil Southgate disebut menjadi kambing hitam penyebab gagalnya Inggris melaju ke babak final EURO 1996.

25 tahun berselang di tempat yang sama, Southgate bersama para pasukannya kembali menjamu Jerman di tanah Britania. Pertandingan nanti diprediksi akan berjalan cukup sengit. Beberapa pemain Jerman ada yang bermain di kompeisi Liga Inggris, sepertinya tahu garis besar permainan tim berjudul The Three Lions tersebut.

Timnas Inggris Siap Hadapi Jerman (Kompas Bola)

Bisa jadi pertandingan Inggris VS Jerman juga akan diakhiri oleh drama adu pinalti. Inggris memiliki cerita yang kurang beruntung setiap melakoni adu pinalti, misalnya EURO 2012 melawan Italia yang membuat mereka kalah di babak perempat final.

Inggris diunggulkan karena bermain di depan pendukungnya sendiri, sementara Jerman dikenal sebagai tim yang justru permainannya terbentuk ketika sudah bertanding di babak gugur.