Tak Cuma Membantu Pembentukan Otot, Ini 4 Manfaat Kreatin Bagi Tubuh

Tak cuma membantu pembentukan otot, ini 4 manfaat kreatin bagi tubuh

Berlatih di gym dengan disiplin dan konsisten, memang bisa meingkatkan massa otot. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengkonsumsi beberapa suplemen, salah satunya adalah kreatin. Tak cuma untuk meningkatkan massa otot dan membantu pembentukan otot, ini beberapa manfaat kreatin bagi tubuh.

1. Meningkatkan kinerja kognitif lansia

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Aging Neuropsychology and Cognition tahun 2007, diketahui bahwa mengkonsumsi suplemen kreatin berdampak pada kinerja kognitif lansia. Dalam sebuah uji coba yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa suplementasi kreatin memberi efek yang signifikan pada memori jangka panjang dan ingatan spasial.

2. Menurunkan kadar gula darah

Orang yang mengkombinasikan olahraga dan kreatin terbukti memiliki kontrol gula darah yang baik. Suplemen kreatin mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan fungsi transporter glukosa tipe 4 (GLUT-4). Namun, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek jangka panjang kreatin pada kontrol gula darah dan diabetes.

3. Membantu mengatasi berbagai penyakit saraf

https://www.freepik.com/

Beberapa penyakit neurologis dipicu karena pengurangan fosfokreatin (phosphocreatine) di otak. Dengan mengkonsumsi suplemen kreatin, dipercaya dapat mengobati berbagai peyakit saraf, seperti Alzheimer, stroke iskemik, epilepsi, cedera otak atau sumsum tulang belakang, hingga amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penyakit yang memengaruhi neuron motorik yang penting untuk bergerak.

4. Mengurangi kelelahan

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Acta Paediatrica pada tahun 2008, menjelaskan bahwa suplemen keratin bisa mengurangi kelelahan. Selain itu, kreatin juga terbukti mampu menambah tingkat energi pada orang yang kurang tidur.

https://www.freepik.com/