Nabi Idris Melihat Surga dan Neraka, Sempat Pingsan Dua Kali Cuy

Biarpun dipenuhi pengetahuan, nabi Idris sempat pingsan ngelihat ciptaan Tuhan. Biar kata dia nabi, ternyata dia juga punya sifat manusia biasa.

Nabi Idris adalah nabi kedua dalam riwayat kenabian agama Islam. Beliau adalah keturunam keenamnya Nabi Adam. Nabi Idris baru mendapatkan wahyu pas umurnya 82 tahun. Kemungkinan besar, jaman segitu, umur 82 masih terhitung muda.

Tuhan mengizinkan nabi Idris melihat surga dan neraka saat ia masih hidup. Ini adalah salah satu mukjizat kenabian beliau. Selain itu, beliau juga punya mukjizat lain tapi terkesan sepele. Pas di jaman beliau, mukjizat itu penting banget. Selain itu, juga bisa ngangkat derajat banget.

Contoh mukjizat nabi Idris itu punya banyak pengetahuan. Dari pengetahuan ngurus kuda, astronomi, dan matematika. Beliau ini termasuk cerdas banget pas di jamannya, lho. Kepinterannya itu karena usahanya yang ga capek belajar, dong.

Kata Idris di namanya itu berasal dari kata 'darasa'. Artinya belajar. Jadi, nabi Idris ini udah terkenal banget sebagai cendekiawan di jamannya. Kelihatannya sih biasa aja. Tapi pas jamannya, beliau ini udah gokil banget gitu.

Padang pasir, salah satu wilayah yang diakrabi Nabi Idris. (cahayaislam.id)

Salah satu mukjizat nabi Idris adalah melihat surga dan neraka. Kemampuannya ini didapat pas dia lagi ibadah bersama malaikat. Habis ibadah, nabi Idris iseng nanya ke malaikat. Pertanyaannya simple tuh, kira-kira bisa ga dia ngeliat neraka nih.

Malaikat yang ditanyain jadi kaget dong. Kok berani-beraninya nih orang nanya begitu. Akhirnya, sang malaikat minta restu tuh sama pemilik surga dan neraka. Setelah mendapat izin dan restu, pergilah sang malaikat dan nabi Idris melihat surga dan neraka.

Konon katanya, nabi Idris sempat pingsan karena ngelihat malaikat penjaga neraka. Pas bangun, nabi Idris masih dikasih pemandangan di neraka. Ia melihat berbagai siksaan dan hukuman yang dijalani manusia tuh.

Setelah melihat neraka, nabi Idris diajak jalan ke surga. Pas di surga, beliau juga sempat pingsan lagi. Kali ini bukan karena dia ketakutan. Tapi karena takjub sama isi surga. Kayaknya nabi Idris melihat pemandangan yang bagus banget dan ga nemu tandingannya di bumi.

Setelah diajakin keliling melihat surga, nabi Idris diajak balik ke bumi nih. Eh tapi, nabi Idris ngerasa rugi. Beliau ini maunya menetap di surge, dong. Ga mau balik lagi ke bumi.

Ilustrasi nabi Idris ngasih penjelasan ke masayrakat. Sumber pengetahuan banget deh beliaunya itu. (sejutakisahcerita.blogspot.com)

Untung aja nabi Idris jalan ama malaikat yang selalu mau ngingetin. Sang malaikat ngasih nasihat ke nabi Idris kalau beliau belum bisa tinggal di surga, karena beliau belum meninggal.

Nabi Idris sadar sama khilafnya itu. Akhirnnya mereka berdua balik ke bumi. Nabi Idris balik menjalankan tugas kenabian lagi. Sedang sang malaikat balik menjalankan tugasnya lagi.

Asal kamu tahu, malaikat yang nemenin nabi Idris selama melihat surga dan nerak adalah malaikat pencabut nyawa. 

Ngelihat langit aja bisa senang banget. Apalagi ngelihat surga ya?! (2il.org)