Etika Meeting Online yang Harus Kamu Patuhi, Biar Enggak Bikin Salah Paham

Meeting secara online ini harus benar-benar dipersiapkan secara matang agar tidak terjadi kesalahan dan gangguan. Selain itu, kita harus menerapkan etika yang sebagai mana mestinya dilakukan.

Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk bertatap muka secara online. Mengadakan meeting online sebenarnya sama saja seperti offline yang tetap harus menyiapkan segala sesuatu, termasuk materi. Hanya saja masih banyak orang yang belum paham tentang etika meeting secara online.

Meeting secara online ini harus benar-benar dipersiapkan secara matang agar tidak terjadi kesalahan dan gangguan. Selain itu, agar proses komunikasi selama meeting berjalan lancar, kita harus menerapkan etika yang sebagai mana mestinya dilakukan ketika meeting. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pahami.

Jangan Pernah Datang Terlambat

Kedisplinan harus diterapkan di manapun kita berada. Sekalipun meeting diadakan secara online, namun usahakan agar datang dan hadir tepat waktu. Jangan pernah membuat klien menunggu. Pastikan kamu sudah siap beberapa menit sebelum meeting dimulai. Datang terlambat bisa membuat anda terlihat kurang professional dan tidak menghargai waktu orang lain.

Pilih Tempat yang Sesuai

Etika Meeting Online (LEADx)

Perhatikan tempat yang akan kamu jadikan latar belakang video. Usahakan melakukannya di ruang kerja atau di salah satu sudut kamar yang terlihat rapi. Jangan pernah melakukannya di dalam kamar mandi atau diruang tengah. Selain mengganggu dan membuat kurang fokus, hal itu juga bisa menurunkan profesionalitas kita.

Hindari Makan atau Minum

Etika Meeting Online (Tek.id)

Jangan pernah makan atau minum di depan kamera, jika hal itu terpaksa dilakukan maka lebih baik matikan dulu kamera anda dan juga audionya. Jika meeting dilakukan saat makan siang, hendaknya meminta ijin terlebih dahulu kepada peserta lain untuk mengikuti meeting sambil makan.

Matikan Mikrofon Ketika Sedang Tidak Berbicara

Etika Meeting Online (Jalema)

Gangguan suara sedikit saja akan mengganggu peserta lain untuk fokus pada materi meeting. Hal itu bisa membuat mood peserta meeting yang lain terganggu. Oleh karena itu, pastikan mikrofon mati saat sedang tidak berbicara.

Jangan Memotong Pembicaraan

Etika Meeting Online (Adobe Stock)

Seperti yang sudah diketahui, menyela pembicaraan merupakan hal yang tidak sopan. Jika ada yang ingin dibicarakan saat peserta lain sedang membahas sesuatu, usahakan untuk menunggu orang itu selesai bicara. Kita bisa juga menggunakan fitur raise hand.

Itu tadi beberapa etika meeting online yang bisa kita terapkan. Selain menjaga profesionalitas dan kesopanan, hal itu juga bisa membuat meeting berjalan lancar dan juga menyenangkan. Sehingga apa yang disampaikan selama meeting berlangsung bisa diterima dan dipahami oleh para peserta meeting.

Etika Meeting Online (via Klik Dokter)