Hati-Hati Banyak Kuman, Ini 5 Tempat yang Sering Jadi Sarang Bakteri

Hati-Hati Banyak Kuman, Ini 5 Tempat yang Sering Jadi Sarang Bakteri

Ketika lagi musim hujan dan pancaroba, seringkali kita mudah terserang virus flu dan batuk. Itu sebabnya kamu mesti menjaga stamina tubuh semaksimal mungkin, apalagi di tengah pandemi kayak gini.

Nah, menjaga kesehatan nggak cuma soal kebersihan tubuh saja. Tapi kamu juga mesti memperhatikan barang-barang atau tempat tinggal sekitar yang seringkali menjadi sumber berkumpulnya bakteri. Berikut ini adalah beberapa contoh tempat atau barang yang mesti kamu perhatikan dan bersihkan sesering mungkin.

# Ponsel

Ponsel merupakan benda yang paling sering dipegang dalam keseharian. Ada sebuah studi di tahun 2021 yang mengatakan kalo ponsel adalah tempat yang paling memiliki banyak kuman dibandingkan dudukan toilet. Duh!

Itu sebabnya, kamu mesti sering-sering nih membersihkan case atau layar ponselmu. Kamu bisa mengelapnya dengan kain mikrofiber yang disemprot dengan pembersih. Ingat, jangan sesekali menyemprot bagian layar langsung, ya. Karena bisa-bisa layarmu akan bermasalah.

Nah, kalo untuk case ponsel, kamu bisa menggunakan kain atau lap yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol 70%. Lalu tunggu hingga ponsel dan case-mu benar-benar kering dengan sendirinya.

# Keyboard atau Laptop

Ponsel (pexels.com)

Buat yang bekerja menggunakan laptop, jangan lupa untuk sering-sering dibersihkan, ya. Khususnya pada bagian keyboardnya. Cara membersihkannya juga kurang lebih sama, yaitu kamu bisa menggunakan kain yang sudah disemprotkan alkohol isopropil 70 persen. Tetapi, saat membersihkan celah-celah keyboard, kamu mesti berhati-hati ya agar cairannya nggak menetes ke dalam laptopmu.

# Dapur

Selain laptop dan ponsel, kamu juga mesti menjaga kebersihan dapur nih guys. Sebab, dapur juga merupakan tempat berkumpulnya para kuman karena sering digunakan dalam keseharian. Kamu bisa menyemprotkan cairan pembebas bakteri atau cairan desinfektan sesuai dengan prosedur pemakaian.

# Remote TV

Di tengah pandemi seperti ini, nggak jarang orang akhirnya menghabiskan waktu di rumah sembari menonton TV. Nah, kebiasaan menonton TV membuat kamu jadi lebih sering memegang remote. Alhasil, kalo remote terlalu sering dipegang dan tidak dibersihkan, bisa-bisa remotemu menjadi sumber bakteri, lho. Jadi baiknya, sering-sering juga ya untuk mengelap remote TV-mu.

# Kenop Pintu

Keyboard atau Laptop (pexels.com)

Terakhir adalah kenop pintu. Yup, kenop pintu juga bisa menjadi sumber bagi bertumbuhnya kuman dan bakteri. Oleh karena itu, penting banget buat kamu untuk sering membersihkan kenop pintu dengan disinfektan atau cairan sabun yang dilap menggunakan kain mikrofiber.

Kenop pintu (pexels.com)