Jangan Sepelekan, Begini 5 Cara Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat!

Ini beberapa informasi penting terkait cara untuk menjaga tulang punggung tetap sehat.

Salah satu fungsi tulang punggung adalah sebagai penopang tubuh. Dengan adanya tulang punggung, kita bisa berdiri, berjalan, duduk dan melakukan gerakan lainnya. Namun, kesehatan tulang punggung seringkali diabaikan. Tanpa disadari, beberapa hal yang kita lakukan seringkali membuat tulang punggung sakit, salah satunya adalah posisi duduk. Jagalah tulang punggungmu agar tetap sehat dengan beberapa cara berikut ini.

1. Jangan menyimpan dompet di kantong belakang celana

Kebiasaan menyimpan dompet di kantong belakang celana seringkali dianggap sepele, terutama oleh kaum laki-laki. Ini tidak menjadi masalah jika digunakan untuk berdiri atau berjalan, tapi jika digunakan untuk duduk, akan menyebabkan posisi duduk menjadi miring. Alhasil, tulang punggung akan menjadi miring, bahkan bisa menyebabkan tulang punggung menjadi berbentuk C atau S.

flickr.com

2. Hindari mengangkat barang berat dari posisi membungkuk

Sangat berbahaya bagi tulang punggung jika dipaksa untuk mengangkat beban berat dari posisi membungkuk. Karena seluruh beban akan bertumpu pada tulang punggung.

3. Gunakan kursi dengan sandaran

Jika pekerjaanmu, menuntut kamu untuk duduk dalam waktu yang lama, usahakan untuk menggunakan kursi dengan sandaran. Bangku yang memiliki sandaran, baik pinggang atau punggung dapat mencegah punggung membungkuk. Agar lebih nyaman, kamu bisa menambahkan bantal untuk punggungmu. 

freepik.com

4. Cukupi kebutuhan nutrisi untuk memperkuat tulang

Selain beberapa cara diatas, kamu juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tulang, agar tulang tetap sehat. Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang berperan untuk menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari pengeroposan.