Fitur Baru Facebook, Ngapain Kenalan dengan Orang Baru Kalo Nggak Kencan?

Facebook ingin kita berkenalan dengan orang baru lewat kesamaan minat. Apa sekarang Facebook mau jadi laman kencan?

Selama ini kita tau Facebook adalah sosmed untuk berhubungan dengan kawan lama yang terpisah jarak. Melalui fitur-fiturnya seperti berbagi status, foto, hingga video, kita bisa tahu apa yang sedang dialami teman tersebut. Namun Mark Zuckerberg merasa interaksi ini masih terbatas. Dia mau lebih.

Facebook saat ini sedang mengembangkan satu fitur yang memungkinkan kalian ngobrol dengan orang asing. Orang-orang baru yang sama sekali belum kita kenal atau sedikit terkoneksi, misal dengan dia memberi like untuk foto salah satu teman kita.

Ide dasar dari fitur ini adalah untuk mempertemukan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Apakah kalian masuk dalam grup Facebook yang sama, kuliah di kampus yang sama, atau bekerja di perusahaan yang sama. Kesamaan ini akan muncul bersamaan dengan nama orang tersebut.

Tetapi kalian jangan khawatir bahwa data atau informasi pribadi kalian akan disebarkan oleh Facebook. Hal-hal yang kalian set untuk dapat diketahui publik saja yang akan ditampilkan pada fitur ini. Selama kalian mengaturnya ke private, mereka tidak akan tampil.

Bersosial media menggunakan Facebook (unian.net)

Saling mengetahui kesamaan minat bisa menghubungkan orang, ungkap pihak Facebook. Saat ini mereka sedang mengetes label "hal-hal yang sama" agar muncul di atas komentar dari orang yang bukan temanmu. Tetapi mungkin memiliki kesamaan minat denganmu.

Tapi tunggu dulu, apakah dengan saling menghubungkan minat atau kesamaan Facebook sedang menjajal pasar laman kencan (dating sites)? Belum ada konfirmasi dari perusahaan Mark terkait hal ini. Yang jalas dengan fitur ini, bertemu orang baru yang selanjutnya jadi kencan bisa saja terjadi.

Setting private di Facebook (christiankonline.com)

Taruhan deh kalau fitur ini jalan, banyak para jomblowan atau jomblowati yang memanfaatkannya untuk mencari teman atau kencan. Sama seperti Tinder kan yang awalnya dicocokkan dengan minat akan hal yang spesifik.

Fitur baru Facebook ini baru akan diuji coba di Amerika Serikat. Facebook belum memberikan tanggal pasti kapan fitur ini akan dirilis penuh secara global. Kita tunggu saja ya gengs seperti apa perkembangan fitur (kencan) baru ini. Stay update.

Aplikasi bertemu teman kencan Tinder (gq.com)