Berikut Harta Kekayaan Kepala Suku Skouw dan Tokoh Adat Port Numbay, Penyumbang Lahan Istana Presiden di Papua

Berikut Harta Kekayaan Kepala Suku Skouw dan Tokoh Adat Port Numbay, Penyumbang Lahan Istana Presiden di Papua

Setelah memiliki beberapa istana presiden di Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan beberapa tempat. Kini pemerintah berencana untuk membangun istana Presiden di Papua yang berlokasi di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. 

Skouw adalah wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

# Tahan Seluas 10 Hektare Telah Siap

Kepala Suku Skouw sekaligus Tokoh Adat Port Numbay dan anggota DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, mengatakan bahwa ia telah menyediakan tanah seluas 10 hektare untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan Istana Presiden. Pembangunannya pun rencananya ditargetkan selesai di tahun 2021.

Mengutip detik.com, Abisai menjelaskan bahwa Istana akan berada di perbukitan 320 meter di atas permukaan laut, dan menghadap ke laut. 

Lokasi istana berada sekitar 25km dari tapal batas RI-PNG dan 1 km dari Jembatan Youtefa yang diresmikan Presiden pada 2019.

Potret istana presiden di papua (keprinews.co.id)

Selain itu, Abisa menambahkan bahwa Istana Presiden nantinya akan dibagi menjadi 4 zona. Zona 1 adalah istana, zona 2 adalah museum, zona 3 taman, dan zona 4 adalah zona publik atau tempat untuk rekreasi.

Selain 4 zona itu, di depan istana akan dibangun sebuah tugu Monas kecil yang diharapkan apabila Presiden sedang berada dalam istana itu merasa seperti berada di Istana Presiden di Jakarta.

Sosok Abisai Rollo (jpnn.com)

# Tanah Sumbangan dari Abisai

Abisai menyumbangkan tanah untuk Istana Presiden karena beliau ingin memberikan sumbangsih pada negara.

"Saya ingat apa yang dikatakan presiden Soekarno ' jangan tanya apa yang sudah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang sudah kamu berikan kepada negara' itu yang saya ingat, jadi saya memberikan tanah milikku kepada negara," ujar Abisai.

Abisai berharap, kelak jika Presiden datang ke Papua, narasinya bukan hanya sekedar berkunjung. Melainkan berkantor, karena Presiden sudah memiliki istana di Papua.

# Harta Kekayaan Abisai

Buat kamu yang penasaran, sekaya apa sih Abisai sampai bisa nyumbang tanah berhektar-hektar untuk jadi istana presiden. Berikut ini rincian harta kekayaan Abisai Rollo:

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) Abisai Rollo yang disetorkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI pada 2019 (2020 belum ada laporan), beliau rupayanya memiliki harta sebesar Rp19,29 miliar. Berikut rinciannya seperti yang tertulis di LHKPN.

- Tanah dan bangunan seluas 169 m2/45 m2 di Jayapura senilai Rp930,65 juta

- Tanah dan bangunan seluas 3.000 m2/900 m2 di Jayapura senilai Rp15 miliar

- Tanah dan bangunan seluas 150 m2/80 m2 di Kota Manado senilai Rp1,5 miliar

- Mobil KIA Sportage Rp110 juta

- Mobil Toyota Alphard Rp800 juta

- Mobil Toyota Alphard Rp600 juta

- Harta bergerak lainnya Rp13,5 juta

- Kas dan setara kas Rp337.907.03

Jadi, total kekayaan Abisai mencapai Rp19.292.057.035.

Keseluruhan penampakan istana presiden dari atas (republikduniahiburan.blogspo.com)