Seri MotoGP di Indonesia Belum Jelas, Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Jalan

Pembangunan sirkuit Mandalika terus digeber demi mendapat bisa menggelar seri MotoGP tahun 2021

Operator MotoGP, Dorna Sports masih belum memberikan kejelasan terkait dengan seri Mandalika yang rencananya bakal digelar Oktober 2021 mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Manajemen Dorna, Carlos Ezpeleta.

Meski belum pasti, namun proyek pembangunan sirkuit Mandalika menuai banyak pujian dari pihak Dorna. Mereka bahkan terkesan dengan keindahan sirkuit dan alam Mandalika. 

Kagum Dengan Pembangunan Sirkuit

Sekalipun nasib MotoGP Indonesia masih menggantung, namun hal itu tak menghentikan pihak Dorna untuk memberikan pujian. Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dalam kunjungannya meninjau proses pra-homologasi lintasan sirkuit Mandalika mengaku kagum dengan keindahan lokasi di sekitarnya. 

Dijelaskan oleh Ezpeleta jika laut dan pemandangan di sekitar sirkuit Mandalika menjadi pemanis yang tak bisa ditemukan di sirkuit lainnya.

"Ya, proses pembangunan berjalan baik. Sangat indah," ungkap Ezpeleta seperti dilansir dari IDN Times.

Pembangunan sirkuit Mandalika (detik)

Pembangunan Sirkuit Mandalika Rampung 70%

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang ikut menemani rombongan dari Dorna pada kesempatan itu memaparkan proses pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah rampung 70%. Berbeda dengan Dorna, Bamsoet yakin jika sirkuit Mandalika bakal rampung dan siap dipakai pada Juni 2021 mendatang.

"Mungkin Juni 2021 sudah bisa dipakai. Saya yakin dipakai," kata Bamsoet. "Juli ini, proses homologasi sudah selesai. Nah, kalau itu selesai, Oktober sudah bisa dipakai balapan," imbuhnya.

Bamsoet juga mengklaim jika pihak Dorna merasa puas setelah memeriksa lintasan di sirkuit Mandalika. "MotoGP Indonesia siap digelar pada tahun ini. Insya Allah Oktober 2021," Bamsoet mendaskan.

Kunjungan Dorna ke Mandalika (antara)