Hobi Pakai Headset Saat Telepon dan Sambil Kerja? Ternyata Ini Gangguan yang Bisa Mengintai Kamu

Ternyata terlalu sering memakai headset memiliki bahaya bagi kesehatan, apa saja itu?

Headset saat ini menjadi sebuah alat yang memang digunakan orang dalam melakukan banyak aktivitas, biasanya untuk sekedar mendengarkan lagu, hingga membantu dalam percakapan di telepon. Tapi jika terlalu sering menggunakan headset ternyata bisa memicu timbulnya gangguan pada kesehatan, khususnya kesehatan telinga.

Dikutip dari Alodokter, beberapa gangguan yang bisa terjadi salah satunya tinnitus. Dari beberapa penelitian, tinnitus muncul karena volume suara terlalu besar lebih dari 3 jam ketika mendengarkan headset dan membuat risiko terjadinya tinnitus semakin cepat terjadi jika tidak diperhatikan.

Headset (Grid.id)

Gangguan pendengaran dengan parah hingga mendadak kehilangan pendengaran juga bisa terjadi. Hilangnya pendengaran mendadak juga disinyalir akibat terlalu sering menggunakan headset. Biasanya seseorang yang merasakan kehilangan pendengaran akan terbantu dengan bantuan alat bantu dengar.

Headset (Hello Sehat)

Tentu sebelum kamu merasakan gangguan pendengaran, sebaiknya kamu mulai merubah kebiasaan buruk menggunakan headset terlalu lama dan dengan volume yang keras, maksimal 60 persen. Kamu juga tak perlu berlama-lama menggunakannya, paling lama disarankan satu jam dan itu kemudian istirahat selama 5 menit terlebih dulu bila hendak kemudian memulai lagi.

Kamu juga disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan telinga ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan atau THT. Pemeriksaan kesehatan telinga yang rutin tentu dapat mengurangi bahaya gangguan telinga datang lebih cepat.

Headset (Fimela.com)