Wow, Papua Punya Mall yang Letaknya Tertinggi di Dunia

Wow, Papua Punya Mall yang Letaknya Tertinggi di Dunia

Seperti yang sudah diketahui, Wamena terletak di Lembah Baliem, Papua sebagai wilayah yang berada di ketinggian. Tapi kamu tahu nggak, ternyata kalau Wamena ini punya sebuah Mall, lho. Ya, bisa dibilang Mall tertinggi di Indonesia bukanlah di Jakarta, tapi ya di Wamena itu. 

Bahkan Mall Wamena juga termasuk sebagai salah satu Mall tertinggi di dunia. Namun tertinggi disini bukan karena bangunannya yang tinggi, ya. Tapi karena lokasi Mall yang memang berada di pegunungan Papua dan tercatat berada di ketinggian 1650 Mdpl.

Nah, Bangunan pusat perbelanjaan yang dinamai Mal Wamena itu didirikan di pusat kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Tepatnya, di Jalan Trikora.

Untuk lokasinya sendiri, pusat belanja yang dinamai Mal Wamena tersebut terletak di pusat kota Kabupaten Jayawijaya, tepatnya di jalan Trikora. Dengan hadirnya Mall tersebut, bisa dibilang sekaligus sebagai simbol peradaban modernitas masyarakat yang tinggal di kawasan pegunungan Papua.

Mall di Wamena (diadona.id)

Nah, buat kamu para traveler yang penasaran buat liat ketinggian Mall ini dan berniat mengunjunginya suatu hari, pastiin kamu mesti rajin-rajin nabung dari sekarang ya. Sebab, buat bisa mampir ke Mall tertinggi di dunia itu dibutuhkan biaya yang nggak murah. Apalagi kalau kamu termasuk traveler yang berasal dari luar kabupaten Jayawijaya.

Kok gitu? Ya seperti yang kita tau, satu-satunya transportasi yang bisa mengantarkan kamu kesana ya cuma pesawat aja.

Caranya, kamu mesti terbang dulu ke Sorong. Lalu dari Sorong, kamu baru bisa melanjutkan penerbangan ke Wamena dengan pesawat baling-baling.

Tapi yang pasti, meskipun kamu udah bayar mahal-mahal, dijamin semuanya bakal terbayar lunas ketika kamu sampai di sana. Sebab, Mall tersebut juga punya desain arsitektur honai yang merupakan rumah adat suku Dani. Yang bikin makin menarik, dinding Mall-nya juga dihiasi dengan warna-warna cat yang meriah.

Mall Wamena (inibaru.id)

Meski begitu, sebagian ruangan Mall Wamena masih banyak yang kosong, kecuali di bagian teras dan lantai basement aja yang udah full terisi.

Di bagian terasnya, kamu bakal nemuin banyak tukang servis arloji yang berjejer rapi. Lalu di lantai basement dijadikan sebagai pasar modern yang isinya penjual sayur-sayuran, bumbu dapur dan buah-buahan.

Yah, pokoknya kalau kamu ke sana, kamu juga bisa lihat mumi, gua berlukis alien, aneka oleh-oleh khas Papua dan masih banyak hal-hal menarik lainnya, deh.

Ilustrasi Mall (ibradim.com)