Masih Inget Setya Novanto? Begini Kabar dan Penampilan Terbarunya di Lapas, Bikin Pangling!

Masih Inget Setya Novanto? Begini Kabar dan Penampilan Terbarunya di Lapas, Bikin Pangling!

Sudah hampir 3 tahun, Mantan Ketua DPR Setya Novanto menjalani hukuman penjara atas kasus korupsi proyek e-KTP.

Tepatnya sejak April 2018, ia berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin bersama dengan narapidana koruptor lainnya. Mulai dari Joko Susilo, Jero Wacik, dan mantan Wali kota Bandung Dada Rosada.

Lantas, bagaimana kira-kira kabar Setya Novanto di Lapas? Simak ulasan ini ya!

# Menjadi Petani Dadakan


Salah satu aktivitas yang dilakukan para narapidana kasus korupsi di Lapas Sukamiskin adalah bertani. 

Belum lama ini beberapa narapidana seperti Setya Novanto, Jero Wacik, Joko Susilo, dan Dada Rosada tampak sedang bertani dengan memakai caping atau topi petani. Mantan Ketua DPR RI ini sempat menunjukkan padi yang baru saja dicabut menggunakan celurit.

Beberapa petugas lapas juga tampak ikut serta dalam aktivitas ini.

Setya Novanto ketika persidangan kasus korupsi e-KTP (nasional.kompas.com)

# Panen Raya Padi dan Umbi-Umbian

Dari aktivitas bertani itu, para narapidana kasus korupsi memperoleh hasil panen seperti padi dan umbi tadinya ditanam di lahan terbatas yang berada di dalam kawasan Lapas di Jalan AH Nasution.

"Kami menggelar panen raya padi pertama. Selain panen padi, tadi juga panen umbi-umbian, cabai, tanaman obat hingga peternakan ikan," ucap Asep Sutandar, Kepala Lapas Sukamiskin Bandung pada wartawan.

"Tadi ikut terlibat di antaranya Setya Novanto, Joko Susilo (mantan Kakorlantas Mabes Polri), Rahadian Jefferson, Jero Wacik (mantan Menteri ESDM) hingga Pak Dada Rosada," tambah Asep.  

Para narapidana kasus korupsi panen hasil pertanian (news.detik.com)

# Mampu Menghilangkan Stress


Di Lapas, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh para narapidana. Misalnya ibadah, olahraga, bersih-bersih, dan bertani tadi.

Dengan terlibat dalam berbagai kegiatan di Lapas, diharapkan para narapidana bisa tetap sehat dan jauh dari stress. Selain itu, perhatian para narapidana juga bisa jadi teralihkan sehingga tidak melakukan hal-hal yang kontroversial.

Misalnya seperti meminta fasilitas di luar aturan. Apalagi, Lapas tidak hanya fokus pada hukum, melainkan juga konsep pembinaan pada narapidana.

"Supaya ada aktivitas dan mengurangi tingkat stres selama menjalani hukuman," imbuh Aep.

Bagus deh ya. Semoga selama menjalani masa hukuman, mereka bisa terus berlaku positif dan bermanfaat bagi Lapas atau bagi sesama narapidana.

Lalu, setelah semua masa hukuman selesai. Mereka bisa kembali ke masyarakat sebagai manusia yang baru. Dan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama yang pernah menjerumuskan mereka ke penjara.

Semoga gak ada lagi kasus korupsi di negara ini ya ges. Walau agak gak mungkin tapi ya optimis aja lah. Siapa tahu. Hehehe

Penampilan baru Setya Novanto setelah hampir tiga tahun dipenjara (merdeka.com)