Ngeri Cuy! 5 Badan Intelijen Ini Konon Punya Spy Paling Baik di Dunia

Ngeri Cuy! 5 Badan Intelijen Ini Konon Punya Spy Paling Baik di Dunia

Badan intelijen adalah badan yang tugasnya menangani urusan intelijen. Misalnya mencuri data, menggali informasi, melakukan spionase, menjalankan operasi rahasia, dan sebagainya. Untuk negara yang berdaulat, pembentukan badan ini sifatnya wajib. Karena itu adalah bentuk pertahanan negara.

Dengan adanya badan intelijen, sebuah negara bisa melindungi bangsanya. Seperti contohnya dengan menggagalkan plot yang hendak merugikan negara asal agen intelijen.

Kalau kamu suka nonton film aksi, kamu pasti lumayan familiar dengan kerja para agen rahasia berbagai negara. Nah, penasaran gak agen rahasia mana saja yang punya mata-mata terkuat di dunia?

1. National Security Agency (NSA)- Amerika Serikat

Kamu mungkin lebih mengenal CIA (Central Intelligence Agency) sebagai badan intelijen utama Amerika Serikat. Padahal ada Badan Keamanan Lain di AS yang konon lebih licik.

NSA dulu bernama Cipher Bureau yang mahir dalam memeriksa pesan dan telegram yang keluar masuk ke AS. Cipher Bureau kemudian berganti nama lagi menjadi Signal Intelligence Service (SIS). SIS sendiri punya keahlian dalam memecahkan semua jenis kode rahasia.

Sampai saat ini NSA punya sejarah panjang dalam mengawasi lawan politik, pemimpin, dan orang-orang penting lainnya.

2. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) - Rusia

KGB sejak dulu tahun 1954 sampai Uni Soviet bubar tahun 1991 memang punya reputasi yang paling hebat di antara agen rahasia lainnya.

KGB memulai tugas pertahanannya dengan fokus di bidang spionase. KGB sempat menembus pertahanan AS dan menggali begitu dalam rahasia-rahasia milik AS. 

3. Ministry of State Security (MSS) - China

Markas NSA di Amerika Serikat (international.sindonews.com)

Pada tahun 1983 agen rahasia Tiongkok baru dibentuk. Meskipun begitu, Tiongkok sudah terkenal memiliki sejarah panjang soal mata-mata dan spionase terbaik juga di dunia. Apalagi, negara ini adalah negara yang tertutup juga.

MSS kerap menggunakan metode peretasan komputer untuk memata-matai. Pejabat senior MSS bahkan pernah ditangkap di Belgia karena ketahuan mencuri rahasia dagang dari perusahaan penerbangan AS.

Bahkan, banyak yang menduga bahwa MSS turut andil dalam pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang yang sangat pesat.

4. Dirección de Inteligencia (DI) - Kuba

Setelah Revolusi Kuba, pada awal 1960-an DI terbentu. Menariknya, DI konon punya hubungan erat dengan KGB milik Rusia, dan konon seluruh anggota DI dilatih oleh KGB.

DI juga punya sejarah pernah membantu gerakan kiri yang ada di negara-negara lain seperti Venezuela, Chili, Nikaragua. Belum lama ini bahkan terungkap bahwa Kuba dan DI mengirim senjata ke Korut.

5. Inter-Services Intelligence (ISI) - Pakistan

Kantor MSS di China (izzati.moffet.blogspot.com)

ISI punya andil dalam perjuangan Afghanistan melawan Soviet. ISI bahkan bekerja sama dengan CIA untuk melatih dan mendanai agennya.

ISI juga memberikan segala dukungan pada Taliban selama perang saudara di Afghanistan di awal tahun 1990-an, setelah Uni Soviet jatuh.

Tapi di sisi lain, ISI juga memiliki skandal. ISI bahkan pernah dilaporkan karena mengacaukan Pemilu negara mereka sendiri serta menyita uang secara ilegal dari bank Pakistan

Nah, itu tadi 5 badan intelijen terbaik di dunia ges. Kisah mereka semua kalau dibuat film pasti keren ya?

Pasuka ISI Pakistan (joinisi.wordpress.com)