Viral Video Hinaan Indonesia Bangsa Mundur Dibuat Warga Malaysia, Begini Tindakan Kedutaan

Video berdurasi satu menit viral karena menghina Indonesia. Pelakunya masih dicari.

Ada aja ulah warga negara tetangga, Malaysia. Kali ini ada yang bikin video penghinaan Lagu Indonesia Raya. Tentu aja video ini jadi viral dan jadi masalah antar negara.

Video ini diunggah di kolom komentar YouTube My Asean. Isinya lagu Indonesia Raya yang liriknya diedit dan menghina Indonesia. Meski udah dihapus video berdurasi 1.31 menit itu udah terlanjur bikin heboh.

Video itu diawali dengan suara ayam berkokok dengan aransemen lagu mirip dengan aslinya. Sepanjang video terdapat background Merah Putih ditimpal dengan dua anak yang sedang membuang air kecil. Di tengahnya ada ayam berlambang Pancasila.

Lirik lagunya berisi penghinaan mulai dari Indonesia bangsa sial dan mundur. Dalam lagu juga ada presiden Jokowi dan Soekarno yang diparodikan.

Video hinaan lagu Indonesia Raya (rakyatkaltim.com)

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta turut mengecam keras tindakan tersebut. Karena bisa mengancam hubungan kedua negara. Kedutaan mengkonfirmasi kalau kepolisian Malaysia akan mengurus masalah ini sampai tuntas. Mencari siapa yang mengunggah video itu.

"Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta telah memperhatikan video yang telah menghina Indonesia. Dimana video tersebut diklaim telah diunggah dari Malaysia," tulis pernyataan resmi Kedubes Malaysia dalam akun Facebook-nya sebagaimana dilihat, Minggu (27/12/2020) malam.

Keduataan Besar buka suara (pojoksatu.id)

Video tersebut diunggah oleh akun dengan foto bendera Malaysia. 

"Jika video itu ditemukan diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada," bunyi pernyataan Kedutaan.

Semoga segera tertangkap ya gengs siapa pelakunya. Emang suka bikin gemes deh warga negara tetangga ini.

Bikin heboh netizen (kebudayaan.kemendikbud.go.id)