Prajurit Perempuan di Dunia yang Paling Tangguh Sepanjang Sejarah

Prajurit perempuan di dunia yang paling tangguh sepanjang sejarah.

Peperangan di dunia ini selalu identik dengan laki-laki. Berbagai peperangan biasanya selalu dipimpin oleh laki-laki, entah berakhir menang atau kalah.

Padahal sejarah juga mencatat beberapa nama perempuan yang ikut berperang. Berikut ini adalah prajurit perempuan di dunia yang paling tangguh sepanjang sejarah.

#1 Joan of Arc


Joan of Arc adalah salah satu prajurit perempuan paling tangguh di dunia. Semasa hidupnya di abad ke-14 silam, Joan of Arc banyak membantu pasukan militer Prancis. Tapi nasibnya naas, dia mati dengan cara dibakar hidup-hidup. Namun ratusan tahun setelahnya, nama Joan of Arc dinobatkan sebagai salah satu santa.

Joan of Arc (pinterest.com)

#2 Triệu Thị Trinh


Kalo Joan of Arc dari Prancis, Triệu Thị Trinh atau Lady Trieu adalah Joan of Arc-nya Vietnam gengs. Doi adalah salah satu prajurit perempuan terkuat sepanjang sejarah dunia. Dia berhasil memukul mundur prajurit China ketika menginvasi wilayah Vietnam.

Triệu Thị Trinh (vietnamdefence.com)

#3 Tomoe Gozen


Tomoe Gozen adalah salah satu prajurit perempuan asal Jepang di masa silam. Dia adalah onna-bugeisha atau samurai perempuan terbaik di masanya. Tomoe Gozen dikisahkan sebagai pemanah dan petarung pedang yang tangguh. Namanya tercatat dalam Perang Genpei dan Perang Awazu.

Tomoe Gozen (pinterest.com)

#4 Artemisia I of Caria


Artemisia juga dikenal sebagai Artemis dari Caria, Yunani di masa silam. Dia adalah salah satu prajurit perempuan paling tangguh dalam sejarah, tapi juga cukup licik. Dia berhasil memperdaya para prajurit Yunani dalam Perang Salamis.

Artemisia I of Caria (highlander.com)

#5 Queen Boudicca


Queen Boudicca adalah seorang ratu dari Celtic. Dalam sejarahnya, tanah kelahirannya sempat dijajah Romawi. Setelah itu, dia pun berhasil mengumpulkan pasukan dari berbagai suku untuk memukul mundur pasukan Romawi dari tanahnya.

Queen Boudicca dari Celtic (allthatsinteresting.com)

#6 Lozen


Lozen mungkin tak banyak dikenal dalam sejarah. Tapi sejarah mencatat kalo Lozen adalah penduduk asli Amerika yang juga seorang prajurit perempuan paling tangguh di masanya. Pejuang Suku Apache ini mencoba melawan penindasan pada abad ke-19 silam bersama Geronimo. Legenda menyebutkan kalo Lozen bisa merasakan lokasi musuh beserta jumlahnya.

Lozen dari Suku Apache (pinterest.com)

#7 Zenobia


Zenobia adalah prajurit perempuan yang berasal dari Syria. Dia hidup di abad ke-3 Masehi. Dia pun memimpin pasukannya untuk berperang melawan tentara Romawi dan berhasil meluaskan kekuasaannya hingga ke Mesir dan Anatolia. Zenobia tertangkap pada tahun 274 dan tak ada yang tahu nasib selanjutnya.

Zenobia dari Syria (blogs.getty.edu)

#8 Nakano Takeko


Seperti halnya Tomoe Gozen, Nakano Takeko adalah seorang onna-bugeisha yang terkenal di jamannya. Doi memimpin prajurit perempuan dalam Perang Aizu tahun 1886 silam. Dia tertembak di dada dan tewas. Namun sebelumnya, Nakano meminta saudaranya untuk memotong-motong tubuhnya dan menyembunyikannya agar tak dijadikan "piala" lawan.

Nakano Takeko (laps.fr)

#9 Cut Nyak Dien


Cut Nyak Dien juga termasuk salah satu prajurit perempuan paling tangguh di dunia. Istri dari Teuku Umar ini mengikuti jejak suaminya dalam memerangi penjajah Belanda. Dia berdiri memimpin pasukannya untuk melanjutkan perjuangan rakyat Aceh.

Itulah deretan prajurit perempuan di dunia yang paling tangguh sepanjang sejarah. Mana favorit kalian gengs?

Cut Nyak Dien (steemit.com)