Sudah Tahu Belum Kalau Cermin Cembung di Tikungan Jalan Itu Bukan Kaca?

Sudah Tahu Belum Kalau Cermin Cembung di Tikungan Jalan Itu Bukan Kaca?

Kamu tentu pernah melihat cermin cembung yang sering kita temui di simpang tiga atau simpang empat jalan. Cermin cembung atau safety mirror itu biasa ditaruh di tikungan jalan untuk menunjukkan sisi lain yang mungkin tak terlihat oleh mata/blindspot.

Tanpa kamu sadari, cermin cembung itu ternyata membantu banget lho. Kecelakaan jadi bisa diminimalisasi dan dihindari karena orang bisa tahu dari arah mana kendaraan akan datang, atau tahu apakah aman menyeberang langsung dengan kecepatan tertentu. 

# Aturan Pemasangan Safety Mirror


Pemasangan safety mirror ini juga gak sembarangan. Menurut Surat Dirjen Perhubungan Darat No: AJ.003/5/9/DRJD/2011, ada aturan pemasangan 'covex mirror'. Yaitu tebalnya harus 3 milimeter dan diameternya minimal 90 cm.

Pada bagian tiang yang ditanam di tanah, harus dipasang angkur minimal dua buah. Dan untuk melindungi tiang dari kemungkinan turun, dasar lubang harus dikeraskan dengan lapisan pasir padat setidaknya setebal 10 cm.

Biasanya cermin ini dilengkapi dengan bingkai dan topi. Punya tinggi 2,5 meter dari permukaan tanah. Yang paling penting, semua cermin yang digunakan harus lulus uji laboratorium berskalan nasional dan internasional.

Berbagai ukuran Safety Mirror (lazada.co.id)

# Cermin Cembung di Tikungan Jalan Ternyata Bukan Terbuat dari Kaca


Banyak dari kalian mungkin mengira kalau cermin cembung yang sering kalian temui di persimpangan jalan itu terbuat dari kaca. Iya, kan? Padahal cermin cembung itu terbuat dari akrilik.

Padahal sebenarnya bukan lho! Akun TikTok @kimjongunchniece akhirnya menguak apa sebenarnya bahan yang digunakan cermin cembung ini. Saking penasarannya, akun TikTok ini menekan kaca cembung ini.

Kamu juga bisa melihat akun TikTok Agata taloni yang juga melakukan hal yang sama.

Ternyata benar dong, ketika ditekan kaca cembung itu ternyata bukan benar-benar kaca lho!

Cermin cembung tikungan jalan mudah penyok (indozone.id)

# Belum Pasti Apakah Semua Cermin Cembung Tersebut Tidak Menggunakan Kaca

Meskipun banyak di antara cermin cembung itu terbuat dari akrilik, sampai saat ini masih belum bisa dipastikan apakah semua cermin cembung tidak terbuat dari kaca.

Nah, kamu sudah tahu belum ges? Selama ini mikirnya cermin itu terbuat dari apa?

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Ingat, karena ini fasilitas umum yang sangat penting untuk mencegah kecelakaan. Kita semua harus jaga baik-baik ya. Jangan sampai dengan sengaja untuk keperluan konten atau penasaran kemudian merusak cermin tersebut. Seperti beberapa akun TikTok tadi misalnya.

Cermin cembung tikungan yang dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab (gosulsel.com)