Inilah Mengapa Bulan-Bulan Berikut Baik untuk Menikah Menurut Islam, Cek Tanggal Pernikahanmu di Tahun 2021!

inilah mengapa bulan-bulan berikut baik untuk menikah menurut islam, cek tanggal pernikahanmu di tahun 2021!

Gengs, pada dasarnya semua tanggal memiliki makna yang sama. Semuanya baik untuk dipilih sebagai tanggal pernikahan. 

Namun, bagi sebagian orang pemilihan tanggal pernikahan sangat penting. Salah satunya bagi kaum Islam yang berniat menikah di tanggal baik pernikahan 2021.

Pernikahan itu tentu sebuah upacara yang sacral, Gengs. Ini adalah momen penting sepasang kekasih untuk berjanji saling menjaga dan sehidup semati. 

Acara pernikahan menjadi semakin berkesan kalo kamu milih tanggal yang tepat. Setiap orang punya pilihan tanggal berbeda-beda. Ini karena berbagai faktor, salah satunya agama.

Menurut Islam, ada beberapa waktu yang dianggap tepat buat melangsungkan acara pernikahan, Gengs. Yuk kita lihat waktu-waktu yang baik buat menikah menurut Islam:

# Bulan Syawal

Bulan syawal dipercaya sebagai waktu yang tepat buat melangsungkan pernikahan. Kamu pasti banyak menjumpai kenalan-kenalan yang menikah beberapa hari setelah lebaran. 

pernikahan dalam islam (Saintif.com)

Pasca lebaran, banyak keluarga yang sedang berkumpul. Selain itu, menikah di bulan Syawal juga termasuk sunnah Rasulullah saw.

Sejarahnya, Rasulullah saw. menikahi Saudah binti Zam’ah saat bulan Syawal. Selain itu, Rasulullah saw. juga memilih bulan Syawal untuk menikahi Aisyah binti Abu Bakar satu tahun setelah menikahi Saudah. 

Itulah kenapa banyak umat muslim yang juga menikah di bulan Syawal seperti Rasulullah saw.

# Dzulqa’idah

Bulan Dzulqa’idah juga menjadi pilihan waktu yang tepat buat menikah, Gengs. Rasulullah saw. juga pernah menikah di bulan ini.

bulan syawal, momen keluarga besar berkumpul (Jejak44.blogspot.com)

Rasulullah menikah dengan Zainab binti Jahsyi di bulan Dzulqa’idah. Selain itu, Rasulullah juga menikahi seorang janda bernama Maimunah binti Al-Harits di bulan Dzulqa’idah. 

# Rabiulawal

Rasulullah saw. menikahi Khadijah binti Khuwailid pada bulan Rabiulawal. Tepatnya pada tanggal 10 Rabiulawal. 

Kalo kamu sulit menikah di bulan-bulan yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menikah di bulan Rabiulawal ini.

Nah, itulah beberapa pilihan bulan yang tepat buat menikah menurut Islam, Gengs. Banyak pilihan tanggal baik pernikahan yang bisa kamu pilih. 

Tapi lebih baik kalo kamu menentukan tanggal pernikahan sedini mungkin. Tentu biar persiapan pernikahan bisa lebih matang dan nggak terburu-buru.

Gimana, Gengs? Udah punya bayangan, kan?

Menikah di bulan Dzulqa'idah pernah dicontohkan Rasul (www.bicarawanita.xyz)