Ini Dia 6 Sosok yang Digadang-Gadang Akan Gantikan Edhy Prabowo Usai Ia jadi Tersangka Kasus Ekspor Benih Lobster

Ini Dia 6 Sosok yang Digadang-Gadang Akan Gantikan Edhy Prabowo Usai Ia jadi Tersangka Kasus Ekspor Benih Lobster

Kini kursi Menteri Kelautan dan Perikanan otomatis kosong setelah Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Untuk mengisi kekosongan ini sementara waktu. Bapak Presiden Jokowi memilih Luhut Binsar Pandjaitan, kemudian Syahrul Yasin Limpo untuk menggantikan Edhy Prabowo menjadi Menteri KP Ad Interim sementara waktu.

Karena sampai saat ini masih belum ada nama yang dipilih Presiden Jokowi untuk menggantikan Edhy, publik jadi gak sabaran.

Walhasil, sejumlah nama baik dari Partai Gerindra hingga kalangan profesional pun muncul. 

Nah, ini dia 6 sosok yang digadang-gadang akan gantikan posisi Edhy Prabowo di kursi Menteri KP:

1. Nimmi Zulbainarni

Salah satu nama yang disebut akan menggantikan Edhy Prabowo adalah Nimmi Zulbainarni. Sosok Nimmi merupakan dosen IPB. Ia lulusan S1 Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan Perikanan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara gelar S2 dan S3-nya ia dapatkan dari jurusan Ilmu Ekonomi Pertanian (Perikanan) IPB. 

Nimmi adalah salah satu anggota Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan yang diangkat Edhy Prabowo dan 12 orang lainnya, 8 Januari 2020 lalu. 

2. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak kenal Bu Susi Pudjiastuti? Susi adalah Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019. Ia juga dikenal sebagai business woman sukses di bidang perikanan dan penerbangan. 

Berbeda dengan Edhy Prabowo, Susi justru menentang keras kebijakan ekspor benih lobster. Sebab menurut Susi ekspor benih lobster bisa merusak ekosistem laut Indonesia.

3. Arif Satria 

Nimmi Zulbainarni (instingjurnalis.com)

Nama Arif Satria yang adalah Rektor IPB ini muncul juga sebagai salah satu calon pengganti Edhy Prabowo. Ia merupakan profesional yang memiliki kemampuan akademis maupun pengalaman di bidang perikanan.

Meski masih muda, yaitu berusia 49 tahun. Arif Satria telah ikut menyusun UU Perikanan Nomor 31 Tahun 2004. Juga Revisi UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil. Pada tahun 2012-2019 ia juga sempat menjadi penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan.

4. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno adalah salah satu nama yang disebut-sebut punya punya peluang besar menggantikan Edhy Prabowo. Sebab menteri KP merupakan bagian yang diberikan Jokowi pada gerindra setelah masuk Koalisi pemerintahan Jokowi. Nah, di Gerindra, nama Sandiaga Uno lah yang paling menonjol.

5. Zulficar Mochtar

Arif Satria rektor IPB (duniadosen.com)

Zulficar Mochtar adalah eks Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ia mundur dari jabatannya karena merasa bertanggung jawab mengeluarkan izin alat tangkap cantrang dan ekspor benih lobster bersama Edhy Prabowo.

  

Namun belakangan, Edhy menyebutkan bahwa Zulficar Mochtar ternyata diberhentikan, bukan mengundurkan diri.

6. Agus Suherman

Agus Suherman pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP). Ia juga pernah menjadi Plt Dirjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, dan Direktur Utama Perum perikanan Indonesia (Perindo) tahun 2013. 

Dahlan Iskan bahkan pernah memuji kinerja Agus dalam tulisannya di "Manufacturing".

Potret Zulficar Mochtar (darilaut.id)