Bukan Asli Indonesia, Ternyata Majalah Bobo Berasal Dari Negara Ini Loh

Majalah anak-anak paling terkenal di Indonesia ternyata bukan asli Indonesia nih.

Bobo adalah majalah anak-anak yang masih eksis sampai hari ini. Bobo udah menemani anak-anak sejak 14 April 1973. Hadirnya Bobo di Indonesia, berkat pendiri Harian Kompas, PK Ojong dan Jakob Oetama.

Berawal dari 16 halaman yang mengisi Harian Kompas hingga akhirnya jadi majalah anak-anak sendiri. Bobo adalah hasil adaptasi dari majalah asli Belanda dengan judul yang sama. Edisi Belanda ada sejak 1 Januari 1968. Dipublikasikan oleh Blink Publisher.

Tahu gak gengs Bobo itu umurnya berapa sih? Soalnya gak gede-gede dari dulu sampek sekarang. Hehehe ...

Bobo adalah tokoh kelinci lucu yang berusia 9 tahun. Bobo yang hadir di Indonesia dari Jerman, adalah majalah anak pertama yang diterbitkan. Makanya bisa eksis sampai sekrang, karena udah popular banget.

Ada dua jenis majalah Bobo, yang edisi penyesuaian terbit seminggu sekali. Terus Bobo junior asli saduran dari versi Belanda terbit dua minggu sekali.

Majalah Bobo (Twitter.com)

Bobo yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia awalnya diasuh sama Adi Subrata dan Tineke Latumetenlah. Edisi perdananya seharga Rp 20 rupiah aja gengs. Taman jaman duluuuu banget ya!

Sekarang Bobo terbit seminggu sekali dan udah beneran dibuat oleh tim redaksi yang ada di Idnonesia. Isi dan penampilannya sesuai dengan apa yang dibuat tim kretaif Bobo di Indonesia gengs. Bukan cuma saduran lagi. Tapi tokoh-tokohnya tetep sama.

Majalah Bobo versi Belanda (proefabonnementkrant.com)

Selain ada komik lucu, dongeng dan banyak pengetahuan umum lainnya. Bobo juga turut bantu anak-anak belajar dengan menyediakan kolom mata pelajaran. Mulai dari matematika, IPA, IPS, Bahasa dan lain sebagainya. Cocok banget emang slogannya 'Teman Bermain dan Belajar'.

Kamu termasuk yang suka baca majalah Bobo gak gengs semasa kecil? Atau jangan-jangan masih suka sampek sekarang? Soalnya gambarnya lucu dan critanya menarik sih. Buat hiburan aja.

Ada pelajaran sekolah juga di Bobo (bacatangerang.com)