Galau, Bosen dan Kurang Motivasi? Jangan-Jangan Kamu Menderita Quarter Life Crisis

Apa sih artinya? Dan gimana cara ngatasinnya? Nih yang bisa kamu lakukan gengs.

Akhir-akhir ini lagi bgetrend nih istilah quarter life crisis. Apa sih sebenarnya yang terjadi pada seseorang sehingga bisa disebut mengakami quarter life crisis?

Gini pejelasannya gengs.

Millenial rentang usia 20-30 tahun bisa saja mengalami kegalauan soal hidupnya. Misalnya, masalah masa depan, keuangan, dan asmara. Pokoknya jad galau deh soal hidup ke deoan bakalan gimana. Mulai kehilangan arah dan tujuan hidup. Bahkan takut dengan masa depan yang bisa jadi bakalan suram.

Itu tanda seseorang mengalami quarter life crisis. Urutan tanda dan gejalanya sebagai berikut:

1. Mempertanyakan hidup

Kamu mulai menjalani hidup yang terasa biasa aja bahkan semakin membosankan. Mulai bertanya-tanya soal tujuan ke depan? Hidup mau apa? Mau jadi apa? Lalu mengevaluasi apa aja yang selama ini kamu lakukan.

galau gitu deh soal hidup.

2. Merasa stagnan

Setelah mikir udah ngapain kamu merasa, kok belum ngapa-ngapain sih? Belum sukses, belum mapan, belum lulus dan banyak lagi yang belum bisa kamu capai.

3. Semangat anjlok

Karena kamu merasa gak berarti dan gak ada kemajuan, kamu jadi merasa kurang motivasi deh. Males melakukan apapun dan gak tahu juga mau ngapain lagi.

Dah lah.... capek!

Quarter life crisis (medium.com)

4. Gak bahagia

Bahkan kamu yang udah mapan dan kerja merasa kurang nyaman lagi dengan yang dilakukan. Zona nyaman itu bikin bosan dan gak berkembang. Tapi kamu ragu buat keluar atau memilih melakukan hal baru.

Kok ya rasanya gak puas dan gak bahagia sih hidup ini??

5. Tertekan

Semua masalah dan kendala hidup yang kamu alami, membuatmu tertekan. Apalagi kalau lingkungan sekitar dan keluarga gak mendukung. Bikin kamu semakin gak termotivasi dan stres.

Apakah kamu mersakan hal yang saperti deksripsi di atas??

Terus gimana donk??

Gak masalah kok memulai lagi dari awal. Mengenali dirimu dan apa yang kamu mau. Lalu memberanikan diri mengambil resiko. Toh hidup ya selalu punya resiko kok.

Lelah dengan hidup (idealist.com)

Kalau kamu gak kuat sendirian, cari temen curhat. Cerita sama temen atau keluarga soal masalah kamu ya gengs. Lalu buat rencana hidup ke depan. Gak usah lah membandingkan dirimu dengan orang lain. Hidupmu jelas beda banget!

Kalau udah nih, segera beraksi!! Bergerak! Bekerja! Lakukan sesuatu jangan diem aja ya...

Selamat berjuang untuk hidup.

Ayo bergerak gengs! (thoughtcatalog.com)