Jarang Orang Tau Tentang Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Ini Bedanya

Jarang orang tau tentang perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, ini bedanya.

Bumi ini memiliki dua kutub. Masing-masing adalah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Karena dua kutub itu, kita jadi tau arah mata angin dan di mana lokasi kita.

Kedua kutub ini memiliki suhu udara yang sama dinginnya. Tapi ternyata, Kutub Utara dan Kutub Selatan punya banyak perbedaan loh.

Jarang orang tau tentang perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Ini dia bedanya.

#1 Darat vs laut


Kalo dilihat dari lokasinya, kedua kutub sama-sama berada di arah yang berlawanan. Tapi perbedaan di antara keduanya gak begitu terlihat. Padahal bedanya cukup jelas.

Kutub Selatan memiliki daratan layaknya benua-benua. Daratan di Kutub Selatan selalu diselituti es dan dikelilingi lautan. Sementara Kutub Utara adalah lautan beku yang dikelilingi daratan.

Kutub Utara dan Kutub Selatan tuh beda banget (pinterest.com)

#2 Penduduknya


Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan juga bisa dilihat dari penghuninya. Kutub Selatan emang daratan, tapi di sana gak ada penghuni sama sekali.

Sementara Kutub Utara yang memilliki lautan beku justru memiliki banyak penduduk. Totalnya kurang lebih 3.000 jiwa yang tersebar di berbagai tempat dan negara. Mereka adalah penduduk suku-suku seperti Suku Inuit, Inupiat, Yupik, Chukchi, Kalaallit, dan Sami.

Suku Inuit yang tinggal di area Kutub Utara (pinterest.com)

#3 Hewan penghuni kutub


Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan selanjutnya adalah hewan penghuni kutub. Nah, kedua kutub di Bumi ini memiliki hewan penghuni kutub yang berbeda-beda juga.

Di Kutub Utara kita bisa ngeliat beruang kutub, rusa kutub, hingga rubah salju. Sementar Kutub Selatan dihuni oleh hewan seperti pinguin. Kumpulan pinguin hanya bisa hidup di Kutub Selatan karena suhunya lebih dingin dari Kutub Utara.

Pinguin adalah penghuni Kutub Selatan (pinterest.com)

#4 Suhu udaranya


Kedua kutub di Bumi ini emang diselimuti es. Suhu udaranya juga bisa lebih rendah dari titik beku. Tapi kedua kutub ini memiliki suhu udara yang berbeda gengs.

Suhu di Kutub Utara rata-rata mencapai -34 derajat Celcius. Sedangkan di Kutub Selatan, suhu udaranya rata-rata mencapai -49 derajat Celcius. Suhu paling rendahnya mencapai -89 derajat Celcius di Stasiun Vostok.

Suhu di Kutub Utara setidaknya lebih hangat ketimbang di Kutub Selatan (nationalgeographic.coom)

#5 Global warming


Pemanasan global itu nyata adanya. Menurut para ahli, global warming emang benar-benar telah mencairkan es di kedua kutub akibat kerusakan pada lapisan ozon. 

Nah, kerusakan lapisan ozon di Kutub Selatan ternyata lebih parah dibanding Kutub Utara. Tetapi, es mencair lebih lebih cepat di Kutub Utara ketimbang di Kutub Selatan. Terutama di es di wilayah Greenland.

Global warming tuh nyata adanya gengs~ (freepik.com)