Para Ahli Bilang Kalo Kentut Cewek Lebih Bau daripada Cowok

Para ahli bilang kalo kentut cewek lebih bau daripada cowok.

Kentut adalah sebuah tembakan gas ke arah bawah yang keluar dari pantat. Tapi banyak yang bilang, kentut lebih sering menyerang indera penciuman kita.

Kentut bisa mengubah suasana dalam sekejap dan sering jadi perkara di mana-mana. Entah di tempat nongkrong atau dalam suasana yang hangat di rumah. Apalagi kalo kentutnya bau banget.

Tapi pernah gak kalian bertanya-tanya kenapa kentut orang lain tuh baunya najis tralala? Padahal, kalo kita kentut, kita santai aja. Sementara orang lain pada cabut gara-gara baunya juga najis tralala.

Pada dasarnya, otak di kepala kita terbiasa dengan aroma apa pun. Dan karenanya, kita jadi gampang abai tentang itu. Sebutlah keringat, bau ketiak, bau gas, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kentut berasal dari sumber yang gak dikenal. Nah, itulah yang memicu respons lebih kuat dari indera penciuman kita.

Proses selanjutnya akan diidentifikasi oleh hidung dan otak kita. Otak akan mengirimkan sinyal bahwa kentut adalah tanda bahaya bagi hidung kita.

Kentut seseorang bisa mengubah suasana dalam sekejap (indiatimes.com)

Teori ini telah didukung oleh sebuah penelitian penting. Sebab orang-orang secara konsisten menilai kentut mereka sebagai yang paling kuat baunya. Termasuk juga kentutnya temen, pasangan, atau orang yang gak kita kenal.

Yang menarik adalah ... para ahli bilang kalo rata-rata kentut cewek ternyata jauh lebih bau dari kentut cowok. Nah loh.

Hal ini diungkap oleh ahli gastroenterologi Michael Levitt yang telah melakukan penelitian tentang kentut sejak 1970-an gengs.

Kalo gitu, kenapa kentut cewek bisa lebih bau daripada kentut cowok? 

Bau kentut kadang bisa sangat mengganggu mengganggu (gymcrafter.com)

Pada dasarnya, kentut mengandung kadar hidrogen sulfida yang lebih tinggi. Dan bau kentut yang lebih bau bisa terjad karena diet sehat yang dilakukan seseorang.

Bau-bauan itu juga diproduksi oleh beberapa makanan sehat seperti brokoli atau kacang polong. Keduanya sama-sama menghasilkan gas hidrogen sulfida yang baunya mirip telur busuk! Aduh!

Gas-gas lain yang biasa ditemukan dalam kentut termasuk methanethiol, yang digambarkan sebagai bau sayuran membusuk. Ada juga dimetil sulfida yang berbau harum.

Penyebab lain kentut seseorang jadi bau adalah kacang-kacangan dan anggur. Kedua makanan ini kaya akan sulfur gengs. 

Kata ahli, kentut cewek bisa lebih bau daripada kentut cowok loh (medicalnewstoday.com)

Sementara, hal yang sama juga terdapat dalam daging merah yang kalo telanjur menumpuk dalam usus bisa memengaruhi kualitas bebauan kentut kita.

Tapi gapapa gengs, kentut tuh indikator kesehatan kita loh. Para ahli pun sepakat untuk menganjurkan semua orang agar tidak menahan kentut. 

Kalo mau kentut ya lepaskan saja. Karena menahan kentut hanya akan menambah masalah kesehatan kita. Saat kentut ditahan, gas bisa terserap ke dinding usus. Nah, itu tuh yang bikin kita kembung, nyeri, dan sembelit.

Brokoli tuh bikin kentut jadi bau, tapi sehat (servingjoy.com)