Fakta-fakta Menarik tentang Lagu "Bohemian Rhapsody" yang Melegenda dari Queen

Fakta-fakta menarik tentang lagu "Bohemian Rhapsody" yang melegenda dari Queen.

Bohemian Rhapsody adalah lagu milik band legendaris asal Inggris Queen. Lagu ini merupakan sebuah rock-opera yang gak ada matinya gengs!

Bohemian Rhapsody ditulis sekitar 40 tahun yang lalu. Lagu itu berdurasi sekitar enam menit. Liriknya bercerita tentang petualangan seorang pemuda yang dilematis setelah membunuh seseorang. Dia lalu menjual jiwanya kepada Beelzebub.

Lagu ini sebenarnya penuh dengan misteri. Lantas banyak orang yang bertanya-tanya, apa yang ingin Freddie Mercury sampaikan lewat lagu tersebut?

Buat para penggemar berat Queen dan lagu-lagunya, inilah fakta-fakta menarik tentang lagu "Bohemian Rhapsody" yang melegenda dari Queen. Epik banget!

#1


Komedian Kenny Everett adalah orang yang memperkenalkan lagu "Bohemian Rhapsody" di radio. Dia merasa lagu itu terlalu panjang. 

Tapi dia berubah pikiran. Everett bilang, "Lupakan, lagu juga bisa (berdurasi) setengah jam, single itu akan menjadi nomor satu selama berabad-abad!"

Dengerin "Bohemian Rhapsody" dulu lah~ (tripsavvy.com)

#2


Semenjak dirilis pada 31 Oktober 1975, lagu Bohemian Rhapsody betah duduk di posisi pertama tangga lagu Inggris. Sampe sembilan minggu gengs di UK Singles Chart!

Prestasi ini membuat "Bohemian Rhapsody" berada di peringkat ketiga sebagai lagu yang paling lama bertahan di tangga lagu Inggris. 

Sebelum Bohemian Rhapsody, peringkat pertama adalah lagu "Rose Marie" milik Slim Whitman selama 11 minggu tahun 1955. Sementara peringkat keduanya adalah lagu "Cara Mia" milik David Whitfield selama 10 minggu tahun 1954.

Namun setelah ABBA merilis lagu "Mamma Mia", "Bohemian Rhapsody" tergeser dari singgasananya.

Freddie Mercury (officialcharts.com)

#3


Lagu ini emang berdurasi 5 menit dan 55 detik. Cukup panjang untuk diputar dalam puncak tangga lagu Inggris kala itu.

Tapi ternyata lagu "Hey Jude" malah lebih panjang satu setengah menit dari lagu itu. Sedangkan lagu Oasis "All Around The World" malah berdurasi sembilan setengah menit.

Single "Bohemian Rhapsody" 1975 (auction.catawiki.com)

#4


Freddie Mercury menulis semua lirik lagu "Bohemian Rhapsody". Dia pula yang mengerjakan harmoni komposisinya.

Uniknya, Freddie menuliskannya di buku telepon dan potongan-potongan kertas. Karena itu, orang lain akan kesulitan untuk mengkopi lagu tersebut. Lagian juga emang susah sih lagunya.

Freddie di studio rekaman (queenpoland.wordpress.com)

#5

Lagu "Bohemian Rhapsody" memerlukan sekitar 180 kali overdubbing. Proses ini dilakukan hingga mendapat hasil akhir yang superkeren. Ya, kayak yang sering kalian dengerin sekarang.

Teknik overdubbing adalah teknik menambahkan rekaman baru pada sebuah rekaman yang telah dibuat. Kebayang deh betapa lagu ini dibuat dengan kerja keras sampe melegenda sepanjang masa.

Freddie Mercury dan Brian May (englandunderground.com)

#6


Biaya pembuatan video klip untuk "Bohemian Rhapsody" menelan dana hingga 4.500 poundsterling saat itu.

Video klip untuk lagu ini dibuat dengan formasi sebagaimana formasi mereka dalam sampul album "Queen II" (1974). Katanya, mereka menyukai formasi tersebut.

Konon, lagu ini juga disebut sebagai single dengan biaya produksi paling mahal yang pernah dibuat saat peluncurannya. Meski begitu, belum ada yang pernah menyebut berapa biayanya.

Album "Queen II" (mentalfloss.com)

#7


Denting piano yang dimainkan Freddie Mercury untuk "Bohemian Rhapsody" berasal dari piano yang sama yang digunakan Paul McCartney untuk lagu "Hey Jude".

Piano yang sama dengan piano Paul McCartney (iloveclassicrock.com)

#8


70 jam adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bagian musik opera dalam lagu itu.

70 jam buat ngelarin satu lagu doang gengs~ (cmuse.org)

#9


"Bohemian Rhapsody" kembali dirilis sebagai double-side A dalam "These Are The Day of Our Lives". Peluncurannya dilakukan setelah kematian Mercury pada 1991 lalu.

"Bohemian Rhapsody" pun kembali menjadi lagu perayaan Natal selama dua kali. Lagu itu juga menduduki posisi pertama dengan rekaman yang sama persis.

Bohemian Rhapsody tahun 1991 (45worlds.com)

#10


Scaramouche yang disebutkan dalam lirik lagu itu adalah karakter badut dari Commedia dell'Arte. Scaramouche selalu berhasil lolos dari situasi sulit, tapi dengan mengorbankan orang lain. 

Dalam bahasa Italia, karakter Scaramouche itu disebut Scaramuccia yang berarti 'pertempuran kecil'.

Scaramouche tuh kayak begini lah kira-kira (pvacentral.ca)

#11


Tahun 2007 lalu, Radio 1 BBC di Inggris mengakui bahwa "Bohemian Rhapsody" merupakan lagu yang paling banyak mereka putar sejak stasiun radio itu berdiri pada 1967.

Itulah sekilas fakta-fakta tentang lagu "Bohemian Rhapsody" yang melegenda dari Queen.

Radio 1 BBC, Inggris (clubbersappstoibiza.com)