Orang-orang Ini Kena Apes Gegara Terlalu Percaya Sama GPS di Perjalanan, Jangan Sampe Begini Ya~

Orang-orang ini kena apes gegara terlalu percaya sama GPS di perjalanan. Jangan sampe begini ya~

GPS adalah akronim untuk Global Positioning System. Alat ini adalah sistem navigasi berbasis satelit yang canggih. 

Banyak orang mempercayakan hidupnya pada alat canggih ini saat berkendara. GPS emang memudahkan perjalanan juga sih, setidaknya gak perlu repot-repot berhenti dan nanya alamat atau jalan ke orang.

Padahal, akurasi di peta yang kita lihat dari ponsel belum tentu 100 persen. Dua aplikasi seperti Google Maps dan Waze misalnya, bisa aja salah memberi petunjuk jalan pada kita yang menggunakannya.

Contohnya ya kayak kasus-kasus dalam daftar ini. Orang-orang ini kena apes gegara terlalu percaya sama GPS di perjalanan. Jangan sampe begini ya~

Aplikasi GPS di mobil (newjourneycommunity.com)

1. Alphard yang melintasi jembatan kecil


Mobil Toyota Alphard emang didesain khusus untuk mengedepankan kenyamanan dan kemewahan. Tapi Alphard yang satu ini kena apes gara-gara pengemudinya percaya sama GPS.

Alphard itu masuk ke sebuah jembatan kecil di atas sungai. Masalahnya, Alphard kan badannya gede tuh, ya gak muat lah sama jembatan dengan lintasan yang sempit banget.

Itu kenapa ada Alphard nyangsang di situ? (liputan6.com)

Peristiwa itu terjadi di Malaysia beberapa waktu lalu. Kejadian kayak gini pasti bikin panik pengendara dan penumpangnya lah ya. 

Setelah terjebak, si Alphard itu terpaksa dievakuasi dengan alat berat deh. Duh, jangan terlalu percaya deh sama GPS.

Akhirnya dievakuasi pake alat berat juga (Dokumen Liputan6.com)

2. Jeep Compass nyungsep di danau


Sebuah mobil Jeep Compass malah sampe nyungsep ke sebuah danau di Burlington, Vermont, Amerika Serikat. Ya gimana, pengemudinya percaya banget sih sama GPS dari Waze.

Menurut kepala polisi Burlington, si pengemudi Jeep Compass itu tidak sedang mabuk. Pengemudi dan teman-temannya malah terlihat tenang-tenang aja saat insiden.

Tapi, menurut polisi, si sopir mengaku melihat kabut yang cukup tebal setelah hujan di kawasan itu. Akibatnya, mobil milik Tara Guertin itu tercebur ke danau.

Waduhhh! (jalopnik.com)

Sebelum kejadian itu, Guertin dan teman-temannya memang sedang berkeliling kota. Mereka mengandalkan aplikasi Waze. Aplikasi itu dikenal karena kemampuannya menunjukkan rute tercepat dan membaca titik kemacetan lalu lintas.

Ditarik juga akhirnya (channelnewsasia.com)

3. Hatchback yang 'mendarat' di sungai


Mobil sedan Hyundai Hatchback di Provinsi Anhui, China, terpaksa menyelam ke sebuah sungai. Duh! Gara-garanya, si pengemudi percaya banget sama GPS.

Saking percayanya, pengemudi yang tak diketahui namanya itu kesasar sampe tengah-tengah sungai loh. Peristiwa itu terjadi April 2017 lalu dan membuat pihak kepolisian Anhui bingung dan bergegas juga untuk melakukan evakuasi.

Wah, kok bisa di tengah sungai begitu ya? (ndtv.com)

Masalahnya, posisi mobil Hatchback itu udah ada di tengah sungai dan itulah yang bikin proses evakuasi jadi sulit. Evakuasi mobil itu bahkan dilakukan hingga setengah hari.

Si sopir mengaku kepada polisi kalo dia tidak tahu jalan yang ia lalui. Dia telah dibutakan oleh sistem navigasi itu. Terus tiba-tiba ada di situ deh.

Evakuasinya jadi agak ribet deh (ndtv.com)

4. Yaris nyemplung ke danau


Katrina Rubinstein-Gilbert, perempuan asal Ontario, Kanada, juga kena apes gegara GPS. Dia malah lebih apes lagi karena terpaksa harus berenang di kawasan Georgian Bay.

Sebelum mobilnya menyelam ke danau, dia mengaku bahwa kondisi jalan amat buruk. Belum lagi karena kabut, hujan, dan minim penerangan jalan. Jadi, pandangannya sangat terbatas. Apalagi, dia belum pernah lewat jalanan di sana.

Kepolisian setempat menjelaskan kalo mobil itu menyelam begitu saja ke dalam danau. Dia sempat membuka jendela, mengambil tas, terus berenang deh ke pinggir teluk selama setengah jam.

Duh, sampe nyelem gitu mobilnya (Facebook Tobermory Press Inc)

Udah kedinginan, Katrina masih harus nyari hotel terdekat baru memanggil polisi. Katrina selamat tanpa cedera apa pun. Dia bahkan gak terkena hipotermia sama sekali mengingat suhu air saat itu hanya 4 derajat Celcius.

 

Sementara mobilnya baru diangkat sehari setelahnya. Polisi juga mengatakan, Katrina saat itu tidak dalam pengaruh alkohol.

Itulah kisah orang-orang yang kena apes gegara terlalu percaya sama GPS di perjalanan. Jangan sampe begini ya~

Pengemudinya selamat sih untungnya (Facebook Tobermory Press Inc)