Nusakambangan Urutan 3 Penjara Terkejam Di Indonesia, Di Sini yang Lebih Kejam

Indonesia punya pejara yang terkenal kejam dan pengawasannya ketat.

Kalian pasti udah banyak denger soal kerasnya penjara di Nusakambangan. Penjara ini terkenal sulit diakses orang luar dan berisi penjahat-penjahat kejam. Pejara ini juga dijaga sangat ketat dan tampak mengerikan.

Tapi ternyata di Indonesia ada penjara yang lebih kejam dari Nusakambangan loh gegs. Para tahana diperlakukan dengan sangat gak manusiawo, ditempatkan dalam ruangan super kecil dan sering dapat kekerasan dari penjaga.

Berikut ini penjara yang lebih kejam dari Nusakambangan dan ada di Indonesia.

1. Museum Fatahilah, Jakarta

Museum Fatahilah ada di kompleks Kota Tua Jakarta. Di area museum ini ada penjara yang dikenal sebagai penjara terkejam yang pernah ada di Indonesia.

Penjara ini dulu digunakan untuk mengurung pemberontak yang berani melawan Belanda. Sel penjaranya sempit banget. Untuk wanita dan anak-anak ditempatkan dalam satu ruangan dan gak dikasih makan minum. Untuk tahanan pria kakinya dikasih pemberat, biar gak bisa kabur.

Etnis Tionghoa juga pernah dibantai di penjara ini. Hingga penjara Museum Fatahilah terkenal seram dan mistis. Banyak penampakan dan bau anyir darah.

2. Penjara Kalisosok

Museum Fatahilah (travelingyuk.com)

Penjara ini berada di bawah tanah kota Surabaya. Di sini pernah ada pembantaian yang sangat kejam gengs. Penjara ini sama dibuat oleh Belanda.

Pernah jadi tempat penyiksaan para pejuang kemerdekaan, seperti Soekarno dan W.R. Soepratman. Dan saking banyaknya pembantaian di sini, area penjara Kalisosok jadi tempat angker hingga sekarang.

3. Nusakambangan

Penjara satu ini masih beroperasi sampai sekarang. Sebenarnya, nama Nusakambangan sendiri adalah nama sebuah pulau di Jawa Tengah. Tapi di sini ada penjara yang dijaga sangat ketat dan sistem keamanannya beda.

Nusakambangan sendiri awalnya memiliki 9 lapas tapi tinggal empat yang masih beroperasi. Ada Lapas Batu yang dibangun tahun 1925, Lapas Besi dibangun tahun 1929, Lapas Kembang Kuning pada tahun 1950, terakhir Lapas Permisan yang dibangun tahun 1908.

Di Nusakambangan ada bukit Nirbaya yang sering dijadikan tempat untuk hukuman mati.

4. Penjara Kerobokan, Bali

Penjara Kalisosok (gramho.com)

Penjara Kerobokan gak seterkenal Nusakambangan. Di sini banyak narapidana dari luar Indonesia alias Bule. Gak cuma wisatawan aja yang dari luar, isi penjara Bali juga banyak yang warga luar negeri.

Kabarnya penjara ini juga diisi sama pejahat kelas kakap gengs. Konon katanya para tahanan disana masih bisa menyewa PSK dan mengdarkan Narkoba. Terus suka bikin onar deh bule-bule itu. Ngeroyok petugas sampai pertarungan antar gengs.

Penjara Kerobokan, Bali (beritatagar.com)